Notification

×

Iklan

Iklan

Pelatihan Mitra PKK Citra, PG PAUD FKIP Uhamka Asah Kreativitas Masyarakat

Selasa, 23 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-23T10:49:22Z


Serambiupdate.com
 - Tim Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan pelatihan dengan mitra PKK Citra di Desa Citepus, Kabupaten Sukabumi.


Tim mahasiswa yang beranggotakan Sarah Nabila, Eneng Khoirunnisa, Irfania Rusyda, Indah Mursyidah, dan Aliyyannisa Nabilla mendapatkan pendanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Skema Pengabdian Masyarakat dari SIMBELMAWA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi dengan didampingi oleh Khusniyati Masykuroh selaku dosen pendamping program PKM-PM  dan Amelia Vinayastri selaku Ketua Program Studi (Prodi) PG PAUD FKIP Uhamka.


PKM-Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan yang dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Mahasiswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam mendesain aktivitas sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat mitra sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kampus.


Kegiatan pelatihan Pengolahan Ikan Blue Marlin sebagai Oleh-oleh Khas Pelabuhan Ratu-Sukabumi turut dihadiri oleh 20 orang anggota PKK Citra ini bertujuan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat dalam mengolah ikan marlin hasil laut kekayaan daerah menjadi tahu bakso ikan sebagai oleh-oleh khas Sukabumi.


Ketua Tim PKK Citra desa Citepus, Siti Mardiyah mengungkapkan rasa syukurnya atas program pelatihan yang diselenggarakan oleh mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka.


"Kami bersyukur sekali dengan program pelatihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka sehingga ibu-ibu PKK Citra Desa Citepus bisa mengetahui potensi usaha ikan blue marlin. Semoga dengan kegiatan ini PKK Desa Citepus bisa lebih produktif lagi kedepannya," ujarnya.


Pelatihan dilaksanakan di kantor Desa Citepus dengan beberapa materi yang terdiiri dari edukasi tentang potensi ikan blue marlin sebagai kekayaan daerah, cara pembuatan bakso tahu dari ikan blue marlin, praktek pembuatan bakso tahu ikan, dan pendampingan pelatihan. 


Seluruh peserta pelatihan melakukan praktik langsung pengolahan tahu bakso ikan dengan penuh antusias dari mulai tahap pembuatan hingga pengemasan sehingga menjadi produk usaha yang menarik.


"Kegiatan ini bagus sekali, mahasiswa Uhamka datang dari Jakarta jauh-jauh kesini untuk membuat acara yang sangat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kami. Mahasiswa Uhamka keren dan kreatif!” ungkap Titin sebagai salah satu peserta pelatihan.


“Kami senang sekali bisa memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK Citra Desa Citepus. Peserta sangat aktif dan terlibat dalam praktek pengolahan ikan blue marlin menjadi bakso ikan,” tambah Sarah Nabila Nabila selaku perwakilan mahasiswa tim PKM-PM.


Khusniyati Masykuroh selaku Sekretaris Prodi PG PAUD FKIP Uhamka menyampaikan rasa bangga karena turut mendampingi mahasiswa PG PAUD yang mendapatkan hibah PKM Kemendikbudristek dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Citepus, Kabupaten Sukabumi.


“Kami merasa bangga mendampingi mahasiswa PG PAUD yang mendapatkan hibah PKM Kemendikbudristek dalam melakukan pengabdian masyarakat di Desa Citepus, Kabupaten Sukabumi. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa, “ katanya.

×
Berita Terbaru Update