Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen PGSD FKIP Uhamka Laksanakan Research Internship dan Short Course di Utrecht University, The Netherlands

Selasa, 23 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-23T06:59:13Z


Serambiupdate.com
 - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) sebagai Universitas unggul selalu mendorong para civitas akademika untuk mengembangkan kompetensi termasuk peningkatan kualifikasi.

 

Dalam rangka mendukung program internasionalisasi Uhamka, salah saatu dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka Puri Pramudiani telah diterima dan mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari Freudenthal Institute, Utrecht University untuk melakukan penelitian disertasi (Research Internship) bersama salah satu Co-Promotor: Dr. Maarten Dolk (inspiration4learning Company/ Freudenthal Institute, Utrecht University, The Netherlands) di Belanda pada 11 Agustus sampai dengan tanggal 3 November 2022 mendatang.

 

Adapun topik penelitian disertasi yang dikaji yaitu tentang implementasi RME di Belanda dan di Indonesia (PMRI/Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) yang ditujukan untuk Primary School Teacher Continuous Professional Development (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk guru sekolah dasar).

 

Selama kegiatan Research Internship, Puri Pramudiani yang juga merupakan alumni dari International Master Program on Mathematics Education in cooperation between Unsri-Utrecht University, The Netherlands (2010-2011) juga mengikuti Kegiatan Summer School yang diselenggarakan di Utrecht University, The Netherlands.

 

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 20 peserta dari berbagai negara yang terdiri dari Amerika Serikat, Portugal, Yunani, Kanada, Polandia, Turki, Indonesia, Spanyol, dan China. Topik yang dibahas dalam kegiatan ini yaitu penerapan RME dalam pengembangan kurikulum dan penelitian di bidang pendidikan matematika dari mulai tingkat dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

 

Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh Dosen PGSD FKIP Uhamka ini ditujukan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas di lingkungan Uhamka yang dapat bersaing Islami dan mendunia.


Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka mengungkapkan bahwa sebagai kampus unggul, tentunya Uhamka memiliki dosen yang telah terintegrasi dan terakreditasi kredibilitasnya. Diantaranya dengan aktif melakukan riset penelitian disertasi di dalam negri maupun di luar negeri. Ia pun menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan peluang dan pengalaman dosen untuk terus meningkatkan mutunya melalui riset dan penelitian sehingga nantinya dapat ditularkan kepada dosen sejawat dilingkungan Uhamka serta mahasiswa.

 

kami di Uhamka akan terus mendukung serta mendorong para dosen untuk terus memiliki kredibilitas yang tinggi dengan menciptakan riset dan temuan kebaharuan. Saya harap kegiatan ini mampu mengembangkan peluang dan pengalaman yang lebih luas bagi dosen,” ujar Prof Gunawan.

×
Berita Terbaru Update