Notification

×

Iklan

Iklan

Akuntansi sebagai Sistem Informasi

Senin, 15 Agustus 2022 | Senin, Agustus 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-15T02:56:00Z

  


Oleh : Damar Qurniawan

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Salah satu fungsi utama akuntansi adalah menyajikan laporan-laporan periodik untuk manajemen, pemilik dan pihak-pihak luar perusahaan. Laporan keuangan utama yang dihasilkan oleh akuntansi adalah neraca dan rugi laba. Meskipun bentuk laporan kedua ini mungkin berbeda-beda antara perusahaan satu dan perusahaan lainnya, namun tujuan utamanya tetap sama. Neraca dibuat dengan tujuan menggambarkan posisi keuangan suatu organisasi pada suatu saat tertentu, sedangkan laporan rugi laba disusun dengan maksud untuk menggambarkan hasil-hasil usaha yang dicapai dalam suatu periode tertentu.

Makna akuntansi sebagai sebuah sistem informasi adalah Akuntansi berperan dalam menjalankan proses mengidentifikasi dan mengolah data keuangan perusahaan hingga berwujud laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pembaca sebagai bahan pengambilan keputusan., Pihak yang menggunakan laporan keuangan terbagi menjadi 2 yaitu pihak internal dan pihak eksternal. Pihak internal seperti manajer, pemilik bisnis, karyawan, dll. Pihak eksternal seperti kreditur, pemerintah, swasta, perbankan, dll.

Dari penjelasan singkat mengenai akuntansi di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan mengenai akuntansi. Adanya input (masukan) informasi ekonomi dari aktivitas transaksi yang terjadi pada perusahaan. Input berupa informasi tersebut kemudian dikelola melalui serangkaian proses, mulai dari pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan untuk menghasilkan output berupa informasi laporan keuangan. Output berupa informasi laporan keuangan inilah yang akan menjadi acuan bagi para pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Pimpinan perusahaan membutuhkan laporan akuntansi untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis.

Inilah mengapa akuntansi disebut juga sebagai bahasa bisnis, karena dengan akuntansi kita memperoleh informasi tentang keadaan suatu perusahaan yang bisa kita nilai akan tingkat keberhasilan perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnisnya. Di lain pihak pimpinan perusahaan membutuhkan laporan akuntansi dari perusahaannya guna untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada informasi akuntansi.

 

 

×
Berita Terbaru Update