Notification

×

Iklan

Iklan

Sektor Pendidikan-Industri Didukung Kolaborasi Kembangkan Transportasi

Jumat, 22 Juli 2022 | Jumat, Juli 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-22T03:43:23Z



Serambiupdate.com
Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan meninjau progress pembangunan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) di PT INKA Madiun, Jawa Timur. Untuk itu, ia mendukung BUMN termasuk INKA guna membuka peluang kolaborasi dalam dunia pendidikan.


Menurutnya, beberapa operator BUMN seperti Damri, PT KAI, dan INKA mendorong dan membuka peluang dalam dunia pendidikan guna melaksanakan riset pengembangan teknologi transportasi secara intensif.


"Dunia industri tidak mungkin dapat berjalan sendiri, perlu berkolaborasi dengan sektor pendidikan. Selanjutnya, kami memberikan kesempatan kepada dunia perguruan tinggi untuk berpartisipasi dalam pengembangan transportasi kereta ringan atau LRT," ujar Budi dalam keterangan tertulis.


Budi juga mengapresiasi PT INKA yang berkolaborasi dengan Kemenristekdikti dan beberapa universitas dalam memanfaatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di atas 50 persen.


Ia menambahkan Kemenristekdikti mendukung pendanaan riset berupa karya yang terhilirisasi, misalnya pembangunan bus listrik dalam negeri.


"Kini kita membangun 30 bus listrik dan ke depannya bakal terus bertambah," imbuhnya.


Ia menjelaskan bahwa BLMP ditargetkan untuk selesai tepat waktu dalam mendorong pelaksanaan event G20 pada November mendatang. Oleh karena itu, Budi mengimbau PT INKA untuk mempercepat pembangunan supaya memiliki waktu untuk melaksanakan perbaikan sebelum digunakan.


"Kita perlu pertimbangkan bus ini dengan suatu standar keselamatan yang bagus," katanya.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update