Notification

×

Iklan

Iklan

Kualitas UMKM di Sektor Ekonomi Global

Rabu, 27 Juli 2022 | Rabu, Juli 27, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-27T02:41:00Z

  


Oleh :  Alif Dwi Baskoro

Mahasiswa FEB Uhamka


Dalam sektor ekonomi global masih masuk dalam lingkup pandemi virus Covid-19 hal ini sangat berdampak secara global termasuk Indonesia. Berbagai kebijakan ditempuh oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah salah satunya yaitu “Menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar” dan hal tersebut sudah terlaksana di DKI Jakarta. Kebijakan tersebut membawa dampak yang cukup signifikan diantaranya penurunan produktifitas dan pendapatan yang di terima dalam sektor ekonomi. Hal tersebut dapat mengakibatkan perekonomian negara akan melambat yang dikhawatirkan akan terjadi krisis ekonomi. Dengan hal tersebut pemerintah dapat segera mengambil Langkah pemulihan ekonomi dengan meningkatkan kualitas dari setiap UMKM serta mampu mengarahkan para UMKM dalam bersaing dalam dunia pasar.

UMKM disini dinilai sebagai sektor yang paling berpengaruh dan membutuhkan perhatian eksra oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dengan suatu harapan bahwa UMKM mampu membuat roda perekonomian meningkat secara bertahap. Oleh karen itu, untuk terlaksananya hal tersebut adanya kebijakan tersendiri dimulai dari pelatihan kemampuan untuk membaca situasi pasar secara menyeluruh dengan metode digital. Dapat dijelaskan bahwa masih terdapat peluang pemulihan ekonomi melalui peningkatan kualitas UMKM. Dalam Hal ini diperlukan kebijakan kebijakan yang dapat mendukung hal tersebut yaitu saling kepercayaan pemerintah dan para UMKM.

Dengan keputusan tersebut diharapkan pemerintah mampu meningkatkan pemberdayaan setiap UMKM di kota kecil. Adapun kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah yakni memperkenalkan dunia digital kepada para UMKM. Kegunaan digital sangat bermanfaat bagi UMKM diantaranya dapat mengembangkan serta melestarikan produk. Dan mengedepankan komunikasi yang baik oleh pemerintah dan para UMKM. Hal tersebut dibilang efektif untuk membangun dan meningkatkan perekonomian yang menurun.

×
Berita Terbaru Update