Notification

×

Iklan

Iklan

Kenakalan Remaja

Senin, 18 Juli 2022 | Senin, Juli 18, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-18T01:35:00Z

 




Oleh : Vinka Dyah Oktavianti

Mahasiswa FKIP Uhamka


Masa remaja adalah masa dimana seseorang mengenal sebuah jati dirinya,masa remaja adalah masa dimana anak-anak sudah mulai masa pubertas. Saat masa pubertas banyak sekali remaja ingin memulai hal-hal dalam hidupnya menemukan yang baru seperti : ide,pikiran dan tingkah laku. Dimasa remaja ini bias menimbulkan rasa suka kepada seseorang,menimbulkan pikiran positif bahkan menimbulkan rasa negatif. 

Banyak kalangan remaja saat ini yang mempunyai rasa emosional tinggi dan ada juga remaja yang mempunyai jiwa kesabaran yang sangat tinggi. Sifat dan tingkah laku pada seusia remaja tergantung dalam lingkungan sekitar dan masa pergaulan mereka. Dimasa remaja akan cepat mengambil keputusan dan tanpa berfikir mana baik dan buruknya dikarenakan usia mereka masih sangat butuh seseorang yang bias mendidik dan membimbing mereka untuk ke jalan yang baik dan benar dalam pergaulan, sikap dan tingkah laku mereka bias di bombing oleh keluarga,teman maupun saudara .

Kenakalan reamaja saat ini sudah banyak ditemukan di beberapa daerah bahkan seluruh daerah banyak yang menimbulkan sikap remaja yang mengandung negatif. Contohnya seperti : bullying , narkoba , minuman miras , merokok , mencuri dan tauran antar remaja. Hal seperti ini tidak perlu di contohkan dan di terapkan karena berbahaya bagi diri kita sendiri , tidak baik dalam kesehatan , kejiwaan bahkan tidak baik untuk masa depan. Dalam melakukan tindakan apapun yang mengandung negatif  pada masa remaja akan mendapatkan sanksi dari negara kita karena sudah melangar norma atau HAM kita yaitu (Hak Asasi Manusia). Segala sesuatu yang sudah melangar hukum pasti ada hukumannya di negara kita sesuai kesalahan yang kita lakukan. 

Dalam kenakalan remaja saat ini ,hingga zaman sekarang kita harus mendidik anak-anak kita nanti bahwa tujuan hidup itu adalah menuntut ilmu dan berbuat baik kepada seseorang, dan jangan mengambil keputusan tanpa kita berfikir terlebih dahulu. Apalagi diusia remaja tingkat emosi nya masih sangat tinggi dan masih banyak bimbingan dan arahan ke jalan yang benar sebelum kita menyesal nantinya. 

Dalam kenakalan remaja yang sudah terjadi ada beberapa cara mengatasinya yaitu :

Sebagai orang tua kita selalu mendidik anak dengan baik dan kasih sayang

Bersikap tegas tanpa melakukan kekerasan terhadap anak kita

Ajarkan anak untuk beribadah sesuai keyakinan dan lakukan sikap yang baik dari usia dini-dewasa nanti.

Mengajarkan anak mengambil keputusan yang tepat,lakukan berfikir sebelum bertindak.

Selain bimbingan dirumah Bersama orang tua, perlu banyak bimbingan di sekolah Bersama guru yang di ajarkannya. 

Melakukan pengawan anak dengan baik,sebelum anak melakukan tindakan yang negatif. 

×
Berita Terbaru Update