Notification

×

Iklan

Iklan

Pinjaman Online Ilegal dan OJK

07 Juni 2022 | Selasa, Juni 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-07T03:09:02Z

 


 

Oleh : Dini Anggraeni P

Mahasiswa FKIP UHAMKA



Pasar menggiurkan bisnis pinjol telah memancing pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mendirikan bisnis pinjol ilegal tanpa tanpa memperoleh izin regulator (OJK). Transaksi pinjol ilegal memiliki ciri utama antara lain bunga sangat tinggi, perjanjian yang tidak jelas, dan sebagian dioperasikan dari luar negeri. Juga menyalahgunakan data pribadi secara vulgar dan penagihan kasar (sering disertai intimidasi/ancaman). Pinjol ilegal menawarkan kemudahan tetapi dibaliknya akan muncul kesusahan. Industri P2P lending mampu menjangkau masyarakat tanpa harus menghadirkan kantor secara fisik. 

Transaksi melalui internet memudahkan jangkauannya ke masyarakat. Sejak akhir 2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi industri tersebut. Hingga akhir Agustus lalu, akumulasi penyaluran dana sebesar Rp294,49 triliun. Nilai pendanaan yang masih berjalan (outstanding) Rp26,10 triliun atau naik 115,10% YoY. Jumlah rekening pengguna mencapai 69,26 juta. Data ini menunjukkan penerimaan industri pinjol oleh publik sangat baik. Pasar menggiurkan bisnis pinjol telah memancing pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mendirikan bisnis pinjol ilegal tanpa tanpa memperoleh izin regulator (OJK). Transaksi pinjol ilegal memiliki ciri utama antara lain bunga sangat tinggi, perjanjian yang tidak jelas, dan sebagian dioperasikan dari luar negeri. Juga menyalahgunakan data pribadi secara vulgar dan penagihan kasar (sering disertai intimidasi/ancaman). 

Pinjol ilegal menawarkan kemudahan tetapi dibaliknya akan muncul kesusahan. Pinjol ilegal menjadi penumpang gelap yang menggerogoti kepercayaan publik di industri P2P lending. Mulai ada stigma bahwa pinjol itu buruk. Padahal data-data industri di atas menunjukkan banyak UMKM dan publik telah menikmati manfaat industri baru ini. Yang berperilaku buruk adalah pinjol ilegal. Publik belum sepenuhnya paham ada platform pinjol legal dan ilegal. Juga belum tahu penyebab keresahan publik dan siapa yang memiliki kewenangan untuk menertibkan pelaku ilegal tersebut. Jumlah platform legal di bawah OJK sebanyak 107 perusahaan (per 8 September 2021). Sedangkan pelaku ilegal yang telah ditutup oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) sebanyak 3.365 situs dan aplikasi pinjol ilegal. SWI telah banyak melakukan upaya preventif dan pemberantasan pinjol ilegal. 

Pinjol ilegal tidak di bawah kewenangan OJK. Namun OJK dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), yang merupakan kumpulan penyelenggara P2P lending, mendukung penuh upaya pemberantasan pinjol ilegal. OJK, Bank Indonesia, Polri, Kemkominfo, dan Kemenkop UKM telah menandatangani pernyataan bersama pada 20 Agustus 2021 untuk menguatkan pemberantasan pinjol ilegal. Ada tiga inti dari komitmen tersebut, yakni upaya pencegahan, penanganan pengaduan, dan penegakan hukum. 

Penguatan pencegahan dilakukan di antaranya dengan meningkatkan program edukasi dan komunikasi aktif kepada publik untuk mengenalkan manfaat dan risiko dalam bertransaksi dengan pinjol. Lebih khusus lagi mewaspadai pinjol ilegal dan hati-hati dalam menjaga data pribadi. Upaya preventif juga dilakukan dengan melarang perbankan, penyedia jasa pembayaran nonbank, aggregator, dan koperasi bekerja sama atau memfasilitasi pinjol ilegal. Mereka juga wajib mematuhi prinsip know your customer sesuai dengan ketentuan.


=