Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Komunikasi

09 Juni 2022 | Kamis, Juni 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-09T03:57:00Z

 


Oleh : Syifa Fauziah Anwar

Mahasiswa FKIP UHAMKA


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), komunikasi merupakan sebuah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan ataupun berita yang dilakukan oleh dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami antar dua belah pihak. Setiap manusia sekiranya perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini dikarenakan komunikasi menjadi sebuah modal dasar sebagai kemampuan yang harus dimiliki setiap manusia. Dalam hal ini maka sebagai seorang pelajar khususnya mahasiswa yang nantiya akan terjun ke masyarakat perlu untuk memiliki kemampuan komunikasi ataupun retorika yang baik, karena dengan komunikasi yang baik maka nantinya dapat membangun hubungan yang baik pula dengan sesama manusialainnya.

Dalam kenyataannya natinya kita akan dituntut untuk dapat membangun relasi yang baik dengan berbagai elemen. Maka dari itu, komunikasi perlu dipelajari dengan baik. Bagaimana cara mengungkapkan pendapat ataupun argumen, bagaimana cara menanggapi dengan sebuah bahasa yang baik. Karena kemampuan seseorang dalam bidang ilmu lainnya dapat ditunjang dengan komunikasi yang baik. Jika hanya memiliki kemampuan dalam salah satu bidang ilmu namun tidak memiliki kemampuan dalam komunikasi makan akan bernilai kurang. 

Hal ini dapat dimulai dengan berani untuk berbicara depan umum, tidaktakut ketika memiliki sebuah pendapat ataupun argumen untuk diungkapkan. Latih dari sekarang karena segala bidang ilmu yang dipelajari tetap akan memerlukan komunikasi untuk menjalankannya.


=