Notification

×

Iklan

Iklan

Seberapa Penting Berorganisasi bagi Mahasiswa?

Sabtu, 14 Mei 2022 | Sabtu, Mei 14, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-14T02:08:00Z

 



Oleh : Vina Silvina

Mahasiswa Uhamka


Mahasiswa yaitu salah satu komponen penting dari suatu perguruan tinggi atau universitas. Menjadi mahasiswa tentunya bukan hal mudah tetapi dengan menjadi mahasiswa seseorang bisa mendapatkan kesempatan untuk lebih belajar sekaligus mengembangkan potensi diri. Hal tersebut bisa dipelajari dengan berorganisasi karena banyak sekali keuntungan untuk seluruh mahasiswa. Organisasi mampu mengembangkan potensi minat dan bakat dengan cara yang lebih bebas dan luas. Mahasiswa yang mengikuti organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang belajar dikelas saja. Disamping itu organisasi dapat melatih jiwa kedisplinan, kepemimpinan, public speaking dan masih banyak lagi yang akan dipelajari. 

Organisasi sebagai salah satu bagian penggerak dari suatu perguruan tinggi atau universitas tentunya memiliki peranan yang sangat penting. Begitu juga komponen yang ada didalamnya, semua berperan penting. Manfaat organisasi bagi mahasiswa yaitu :

a. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan

Dengan mengikuti suatu organisasi, mahasiswa akan belajar tentang banyak hal. Seperti membuat proposal kegiatan, mengatur anggaran, mencari sponsor/donatur dan berhubungan dengan banyak orang, sehingga hal tersebut secara tidak langsung dapat memberikan pengetahuan serta wawasan yang lebih luas daripada sekedar berdiam diri di kelas.

b. Memperluas pergaulan

Suatu organisasi adalah perkumpulan banyak mahasiswa yang tentunya berasal dari jurusan yang berbeda, daerah yang berbeda, juga cara bicara yang berbeda. Manfaat organisasi bagi mahasiswa akan dapat dirasakan karena pergaulan yang semakin luas, dan juga bertambahnya intensitas bertemu dengan orang baru.



c. Belajar mengatur waktu

Mahasiswa secara tidak langsung akan belajar disiplin dan mengatur waktu. Karena dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akan dituntut tepat waktu dalam suatu pertemuan atau kegiatan sehingga dapat bertanggung jawab atas waktu yang dilewatkan, juga dapat mengatur kapan waktu untuk bermain di organisasi ataupun waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas.

d. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang selanjutnya, adalah dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa suatu organisasi memungkinkan mahasiswa untuk bertemu dengan banyak orang. Sehingga hal ini mendorong setiap anggota untuk bisa meningkatkan komunikasi tatap muka dan juga bisa melatih public speaking mahasiswa saat melakukan presentasi kegiatan.

e. Mengasah kemampuan sosial

Bukan hanya meningkatkan kemampuan komunikasi saja, tetapi organisasi juga bisa mengasah kemampuan sosial. Karena dalam kegiatan organisasi, mahasiswa bukan hanya terlibat di dalam kampus saja. Melainkan belajar dengan keadaan sosial di luar kampus dengan adanya berbagai kegiatan bakti sosial, penanggulangan bencana, kegiatan mahasiswa pecinta alam dan lain sebagainya.

f. Ajang berlatih menuju ke dunia kerja

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa organisasi menjadikan anggotanya displin, dan berani bersosialisasi. Sehingga hal ini dapat berguna untuk melatih diri agar mampu bekerja dengan baik masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Suatu organisasi membiasakan anggotanya, sehingga mereka tidak terkejut saat mulai memasuki dunia kerja yang melelahkan serta menekan kesehatan mental.

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang tentunya dapat dilihat dan dirasakan secara langsung adalah kerjasama. Dimana sebuah organisasi mengumpulkan banyak mahasiswa untuk mencapai tujuan bersama, hal ini tentunya akan melatih kerjasama team dengan adanya kegiatan yang harus didiskusikan dalam waktu pertemuan yang diadakan secara berkala.

Tips memilih organisasi bagi mahasiswa baru

Organisasi sebagai elemen penting tentunya memiliki banyak manfaat. Tetapi tidak jarang ada beberapa mahasiswa yang merasa salah memilih organisasi dan akhirnya tidak bisa merasakan manfaat dari suatu organisasi secara tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah tips yang dapat dijadikan sebagai pegangan oleh mahasiswa baru untuk memilih organisasi yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.


a. Perhatikan dan pahami visi & misi organisasi

Setelah mengetahui banyak manfaat organisasi bagi mahasiswa, sebaiknya mahasiswa dapat mengetahui terkait dengan visi dan misi atau tujuan dari organisasi terlebih dahulu sebelum memutuskan diri untuk bergabung di dalamnya. Karena hal ini akan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan tugas masing-masing mahasiswa dan juga pengalaman menarik yang akan didapatkan melalui organisasi tersebut.

b. Pelajari jenis kegiatan dan sesuaikan dengan waktu belajar wajib

Banyak sekali mahasiswa yang lebih memilih fokus terhadap organisasi dan justru meninggalkan tugas dan kewajiban menjadi seorang mahasiswa yang harus diselesaikan. Hal tersebut biasanya terjadi karena mahasiswa belum bisa menyesuaikan waktu dan juga organisasi yang dapat menyeimbangkannya dengan tugas dari jurusan. Oleh sebab itu, pilihlah organisasi yang sesuai baik dari segi jenis kegiatan maupun waktu penyelenggaraannya.

c. Menyesuaikan posisi dalam organisasi

Suatu organisasi memiliki bagian dan posisi yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan setiap anggota memiliki pengalaman yang berbeda. Jadi sebelum menetapkan posisi, mahasiswa diperkenankan memilih dengan cara mengukur kemampuan dan juga waktu luang agar bisa dengan tepat merasakan manfaat organisasi bagi mahasiswa secara maksimal tanpa tekanan dan juga dapat mengembangkan diri secara optimal pada masing-masing bidang.



×
Berita Terbaru Update