Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Laporan Keuangan saat Memulai Bisnis

Rabu, 11 Mei 2022 | Rabu, Mei 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-11T02:08:00Z

 


 


Oleh : Nurhayati

Mahasiswa Uhamka


Apa itu Laporan Keuangan? Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan dari suatu perusahaan pada suatu periode tertentu. Keberadaan laporan keuangan dapat digunakan untuk menggambarkan suatu kinerja perusahaan khususnya pada bidang keuangan dan melihat perusahaan itu memiliki keuntungan atau kerugian. Selain itu , laporan keuangan bisa menjadi landasan dalam pengambilan keputusan terkait keuangan perusahaan selanjutnya. Banyak yang menganggap bahwa membuat laporan keuangan itu sulit. Jika suatu perusahaan atau bisnis tidak memiliki laporan keuangan , perusahaan akan mengalami kesulitan melihat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada perusahaan tersebut.


Maka dari itu saat memulai bisnis penting sekali untuk membuat laporan keuangan. Karena kinerja keuangan merupakan hal penting bagi setiap pemilik bisnis di dalam persaingan untuk mempertahankan perusahaannya. Jika suatu perusahaan mengalami keuntungan berarti perusahaan tersebut mempunyai kinerja keuangan yang baik.sebaliknya jika perusahaan tersebut mengalami kerugian kinerja keuangan mereka buruk. Hal yang menunjukan kinerja keuangan itu baik atau buruk terlihat dari hasil laporan keuangan tersebut.Untuk itu sebagai pelaku bisnis harus membuat laporan keuangan dengan baik tidak boleh sembarangan serta harus sesuai standard yang dimiliki, seperti relevan dengan kondisi bisnis dan mudah dipahami.

Dan laporan keuangan juga memiliki beberapa jenis, yaitu 1. Laporan laba rugi , biasanya laporan ini akan memperlihatkan kondisi laba serta rugi dalam sebuah perusahaan, 2. Laporan aruskas, laporan ini biasanya berisi informasi  yang mencangkup pemasukan dan pengeluaran di suatu periode, 3. Laporan perubahan modal, laporan ini biasanya menjelaskan tentang peningkatan atau penurunan dari aktiva bersih di dalam periode tertentu oleh prinsip pengukuran tertentu, 4. Laporan neraca, laporan ini biasanya berisi informasi yang berkaitan dengan aktiva dan kewajiban perusahaan di suatu periode.

Laporan keuangan memiliki peran penting bagi bisnis. Oleh karena itu, untuk pemilik bisnis mesti bisa membuat dan membaca isi laporan keuangan. Dengan membuat laporan keuangan dengan benar akan memudahkan dalam mengelola bisnis. Demikian manfaat dan  pentingnya laporan keuangan saat memulai bisnis.


×
Berita Terbaru Update