Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Bahasa dan Seni Awalan Sistem Kebudayaan Pancasila

Rabu, 11 Mei 2022 | Rabu, Mei 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-11T06:49:11Z


Serambiupdate.com Guru Besar Metodologi Pengajaran Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof Suwarsih Madya berharap pendidikan bahasa dan seni dapat berkontribusi pada terbentuknya sistem kebudayaan yang lebih besar menuju kebudayaan Indonesia atau kebudayaan Pancasila. Hal tersebut diungkapkan pada Pidato Dies Natalis ke-59 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) di Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Selasa (10/05/2022).

Dalam pidato berjudul ‘Pendidikan Bahasa dan Seni sebagai Jalan Kebudayaan’, Prof Suwarsih berharap pendidikan bahasa dan pendidikan seni untuk tidak terlalu mementingkan diri sendiri, keduanya harus saling mengakui posisinya.

“Saling membutuhkan, saling tergantung dan oleh karenanya perlu berkolaborasi merintis jalan bagi anggota masing-masing. Baik secara perorangan maupun kelompok, untuk berkontribusi pada terbentuknya kebudayaan dambaan masyarakat,” jelasnya.

Pendidikan bahasa dan seni diharapkan dapat menjadi awalan sistem kebudayaan yang lebih maju. Dalam pertimbangannya, gemar terhadap kebudayaan bukanlah merupakan tujuan akhir saja, melainkan menjadi upaya menuju kebudayaan Indonesia atau kebudayaan Pancasila yang mengacu pada Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Kebudayaan Pancasila juga bukan tujuan akhir, melainkan sarana menuju kehidupan kekal di akhirat, yang kita sama-sama diyakini adanya. Visi kehidupan kekal yang bahagia akan mengilhami dan mendorong kita semua untuk membangun kehidupan di dunia, kehidupan di alam semesta yang penuh rahmat, sarat dengan kebajikan,” bebernya.

Ia memastikan bahwa para mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam berkarya seni dengan menguasai fungsi seni yang potensial pada akhir program untuk memenuhi mandat.

Selain itu, perlu dipastikan penyelenggara pendidikan bahasa memberikan penguasaan kompetensi komunikatif antarbudaya bersama penerapannya. Sehingga lulusan dapat menggunakan bahasa untuk menerapkan fungsi-fungsinya secara baik dan efektif.

DYL

×
Berita Terbaru Update