Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Pendidikan Kota Pasuruan Kembali Gelar Lomba Rutin Membatik

Rabu, 11 Mei 2022 | Rabu, Mei 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-11T06:58:12Z



Serambiupdate.com Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan menggelar Lomba Membatik untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Cinta Batik Pesisir”, Selasa (10/5).


Lomba ini diikuti 30 peserta dari SD/MI dan SMP/MTs se-Kota Pasuruan. 20 peserta dari SD/MI dan 10 peserta SMP/MTs.


Peserta yang ikut ini merupakan finalis terbaik dari seleksi pengumpulan desain batik sebelumnya. Para finalis langsung membatik di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan sejak pukul 08.00 sampai selesai hingga sore hari.


Terlihat antusias peserta membuat motif-motif khas Kota Pasuruan yang menggambarkan kekayaan pesisir Kota Pasuruan.


Setiap tahunnya lomba ini dilakukan walaupun sempat vakum karena pandemi. Dan setelah 2 tahun terakhir kembali digelar. Tema yang berbeda tiap tahunnya bertujuan untuk memunculkan motif baru yang inovatif guna mengembangkan kreasi batik di Kota Pasuruan.


Mualif Arif selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan mengatakan bahwa selain untuk mengembangkan jiwa seni, lomba batik rutin ini memberikan pesan agar generasi muda khususnya Kota Pasuruan terus mencintai batik.


“Lomba batik ini adalah salah satu usaha menjaga kelestarian dan kecintaan kita akan batik. Terutama dengan Tema Cinta Batik Pesisir, agar bisa memunculkan batik khas Kota Pasuruan yang memiliki kearifan lokal,” terangnya.


Dengan munculnya motif baru yang inovatif,  dapat menumbuhkembangkan kreatifitas perajin batik Kota Pasuruan secara berkelanjutan.


“Termasuk memunculkan generasi-generasi pembatik muda milenial,” tambahnya.

DYL

×
Berita Terbaru Update