Notification

×

Iklan

Iklan

MGMP Sejarah DKI Jakarta Ikuti Pelatihan Tim Pengabdian Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA

Sabtu, 22 Januari 2022 | Sabtu, Januari 22, 2022 WIB | Last Updated 2022-02-03T08:15:18Z

Serambiupdate.com
MGMP Sejarah DKI Jakarta mengikuti pelatihan pembuatan Evaluasi Pembelajaran sejarah dengan menggunakan Kahoot yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (Uhamka). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang mini teater 1 fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) Uhamka Jakarta Timur. Pelatihan ini diikuti sebanyak 15 orang guru MGMP Sejarah DKI Jakarta, (21/1).

Silvy Mei Pradita, M.Pd selaku ketua penyelenggara mengatakan “bahwa pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran sejarah diberikan kepada MGMP Sejarah dalam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat evaluasi pembelajaran sejarah di sekolah. Serta dapat memanfaatkan teknologi dalam membuat evaluasi pembelajaran sejarah di kelas yang lebih menarik bagi peserta didik di sekolah”.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dari pukul 08:45 WIB hingga pukul 14:00 WIB dengan menggunakan dua pemateri dan satu moderator. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ibu Marlina, M.Pd selaku ketua MGMP Sejarah DKI Jakarta. 

“ kegiatan yang diadakan pada hari ini merupakan kegiatan yang dibutuhkan dilapangan. Apalagi dalam Pendidikan di era digital saat ini. Perlu adanya inovasi dari para guru sejarah dalam proses belajar mengajar di sekolah,” ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh ibu Dr. Lelly Qodariah, M.Pd. beliau mengatakan bahwa “Sinergi merupakan suatu keharusan di era digital seperti saat ini dalam menghadapi tantangan kedepannya. Dimana percepatan itu sekarang cepat, kita harus beradaptasi dengan laptop yang saat ini selalu digunakan bukan hanya untuk presentasi saja”. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan surat kerja sama antara ketua pengabdian masyarakat dan ketua MGMP Sejarah DKI Jakarta yaitu ibu Silvy Mei Pradita, M.Pd dan ibu Marlina, M.Pd. 

Dalam kegiatan ini yang menjadi moderator adalah ibu Merina, M.Pd. pemaparan materi pertama diawali mengenai evaluasi dalam pembelajaran sejarah yang dipaparkan oleh ibu Silvy Mei Pradita, M.Pd dilanjutkan dengan pemaparan materi yang kedua mengenai pembuatan evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi Kahoot oleh Mahasiswa teknik Uhamka.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung dan diskusi oleh bapak maupun ibu guru dari MGMP Sejarah DKI Jakarta menggunakan handphone dan laptopnya masing – masing. Dalam kegiatan praktek ini, bapak dan ibu guru MGMP Sejarah DKI Jakarta didampingi oleh fasilitator dari mahasiswa dan mahasiswi prodi Pendidikan Sejarah FKIP Uhamka agar lebih memudahkan dalam menggunakan aplikasi Kahoot.  

Para peserta terlihat antusias dan bersemangat dalam membuat evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan aplikasi Kahoot. Hal ini didasari oleh banyaknya guru yang bertanya kepada para fasilitator serta hasil dari praktek langsung. 

“para fasilitator juga baik dan sabar dalam memberikan pengarah kepada dalam proses praktek langsung dalam kegiatan ini”. 

Pada akhir kegiatan, ibu Marlina, M.Pd selaku ketua MGMP Sejarah DKI Jakarta mengungkapkan bahwa “kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami bapak dan ibu guru mata pelajaran sejarah. Selain itu juga kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baru dalam hal mengemas evaluasi pembelajaran sejarah yang lebih menarik”.

Diakhir kata para peserta mengharapkan adanya kegiatan lain seperti ini yang dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait proses belajar mengajar mata pelajaran sejarah pada tingkat sekolah menengah atas (SMA) serta selalu menjalin silaturahmi dengan Uhamka khususnya Pendidikan sejarah.
×
Berita Terbaru Update