Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Mengelola Akun Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Era Pandemi

Minggu, 23 Januari 2022 | Minggu, Januari 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-23T03:08:00Z

  



Oleh : Defi Riyanti

Mahasiswa FEB Uhamka

Tidak terasa sudah hampir 2 tahun lebih sejak awal pertama virus covid 19 mulai memasuki indonesia pada awal maret 2019. Membuat kita dan kehidupan kita sangat- sangat mengalami perubahan, tidak hanya dari sektor ekonomi namun hampir dari semua sektor mengalami dampak yang sangat luar biasa dari merebahnya Virus Corona ini. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) mencatat pelakon usaha mikro, kecil, serta menengah (UMKM) jadi yang sangat terdampak sepanjang pandemi Covid- 19.

Soekarni memaparkan kalau kebanyakan ataupun 58,76% harga jual produk menyusut. Di sisi lain, anggaran alami kenaikan. Rinciannya yaitu bahan baku 45,07%, transportasi 23,41%, tenaga kerja 5,46%, serta lain- lain 44,33%. Lalu mereka mengurangi tenaga kerja, memohon penundaan pembayaran, dan keringanan bunga di bank. Oleh karna itu, Soekarni menuturkan kalau stimulus ekonomi buat UMKM wajib terus dilanjutkan di tengah pandemi.. Pemerintah juga perlu melakukan intervensi pada sisi permintaan.

Masyarakat pun turut ikut andil dalam penurunan omset yg terjadi pada UMKM karna adanya aturan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja yang bertujuan untuk membatasi mobilisasi dari masyarat serta mencegah kerumunan untuk menghindari penyebaran virus covid 19 yang membuat masyarat lebih sering dirumah dan menggunakan sosial media atau media virtual untuk menjalankan beberapa aktivitas mereka.

Dengan itu masyarakat memutar otak agar tidak semakin mengalami penurunan pemasukan. Berikut sebagian cara yang dapat dicoba oleh UMKM pendatang baru dalam mengelola akun media sosial bisnis mereka yaitu tentukan platform yang digunakan, produk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga para konsumen tidak kecewa, kenali produk sendiri dengan cara melakukan riset harga serta promosi agar menarik dimata konsumen, membuat aturan dalam melakukan bisnis di media sosial agar tidak salah target, dan buat database agar selalu menyimpan segala pemasukan serta pengeluaran agar dapat memantau keuntungan serta kerugian.


Menurut saya memang benar dimasa pandemi saat ini banyak sekali pedagang maupun yang bekerja diperusahaan banyak yang mengalami kerugian serta penurunan omset pemasukan. Dengan adanya covid-19 sangat merugikan banyak pihak yang mengakibatkan banyak diberita melakukan demo dikarenakan kesulitan untuk makan. Jadi banyak yang memutar otak dengan melakukan berbagai cara. Dan menurut saya saat ini sudah banyak para youtuber yang membantu untuk meningkatkan UMKM masyarakat yang kesulitan. Maka dari itu banyak sekali masyarakat yang sudah sangat terbantu dengan adanya bantuan promosi online dari para selebgram serta youtuber. Apalagi sekarang jika berjualan di semua media sosial sudah sangat mudah dikarenakan banyaknya masyarakat yang sangat tertarik akan produknya, serta mungkin menarik untuk dibeli. Maka dari itu saat ini yang saya ketahui sangat jarang masyarakat yang sudah mengeluh akan kesulitan mendapatkan pemasukan. Dan pendapat menurut saya bila masih banyak yang kesulitan mendapat pemasukan sebaiknya coba membuat barang atau produk unik lalu dipasarkan dimedia sosial. Akan tetapi kuncinya adalah sabar dikarenakan tidak mungkin secepat itu produk yang kalian pasarkan akan banyak yang membeli. Teruslah berusaha agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 


×
Berita Terbaru Update