Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Lakukan Kegiatan Dakwah Kemuhammadiyahan Kepada Keluarga Dhuafa

28 Desember 2021 | Selasa, Desember 28, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-28T07:19:26Z


Serambiupdate.com
 Kegiatan dakwah adalah kegiatan yang sifatnya mengajak dan meyakini orang lain untuk mengamalkan aqidah dan syariat islamiyyah dan kemuhammadiyahan. Dalam arti lain kegiatan dakwah ialah suatu proses penyampaian, ajakan, atau seruan kepada orang lain atau kepada masyarakat luas agar mau memeluk, mempelajari dan mengamalkan ajaran islam dan kemuhammadiyahan secara sadar dan terbuka. Sehingga dengan adanya kegiatan dakwah ini masyarakat mampu untuk membangkitkan, mengembalikan serta mengamalkan potensi diri dari kaum yang dibantu agar dapat hidup bahagia di dunia maupun di akhirat.


Kegiatan dakwah ini dilakukan oleh Mahasiswa yang berasal dari program studi kemuhammadiyahan pendidikan geografi kelompok 2(dua) yang terdapat 2(team) diantara lain team 2(dua) a yang beranggotakan Ilham Gifari Dandy, Inez Fannisa Ayudia, Sevio Agneshya, Tarisya Aulia Azhari, dan Yulia Inggar Sari. Serta team 2(dua) b yang beranggotakan Adinda Nadya Safira, M Khusnul Marchiano, Muhammad Maulana Ibrahim, Saila Salsabila, dan Zahra Andini Salsabila yang turut serta melaksanakan kegiatan dakwah kemuhammadiyahan yang bersifat observatif di 2(dua) wilayah yang berbeda dan terdapat 2(dua) penerima bantuan agar terjalin efektifitasnya kegiatan dakwah kepada keluarga dhuafa. 


Penyerahan bantuan dari team 2a untuk kegiatan dakwah kemuhammadiyahan kepada keluarga dhuafa ini dilakukan di daerah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Penerima bantuan dalam kegiatan dakwah kemuhammadiyahan ini ialah seorang ibu yang bernama Ibu Siti Marhamah yang berusia 66 tahun dan berjualan donat keliling agar mampu menghidupi dirinya sendiri dikarenakan Ibu Siti Marhamah hanya tinggal seorang diri tanpa sanak saudara. Pada proses penyaluran bantuan dari team pengabdi masyarakat 2a turut memberikan bantuan beserta sembako untuk memenuhi kebutuhan Ibu Siti Marhamah dalam kehidupan sehari hari dan kebutuhan berjualan donat, serta ada pula bantuan lain berupa uang dari hasil donasi dari donator untuk menjadi tabungan bagi Ibu Siti Marhamah


Lalu penyerahan bantuan dari team 2b untuk kegiatan dakwah kemuhammadiyahan kepada keluarga dhuafa ini dilakukan di daerah Tambun, Kabupaten Bekasi. Penerima bantuan dalam kegiatan dakwah kemuhammadiyahan ini ialah seorang bapak yang bernama Bapak Kelim atau yang biasa dipanggil Bang Kelim yang berusia 70 tahun dan bekerja serabutan sebagai kuli bangunan agar mampu menghidupi dirinya sendiri dikarenakan Bang Kelim hanya tinggal seorang diri tanpa sanak saudara. Pada proses penyaluran bantuan dari team pengabdi masyarakat 2b turut memberikan bantuan beserta sembako untuk memenuhi kebutuhan Bang Kelim dalam kehidupan sehari hari serta ada pula bantuan lain berupa uang dari hasil donasi dari donator untuk menjadi tabungan bagi Bang Kelim.


Kegiatan penyerahan bantuan dari team pengabdi masyarakat mahasiswa fkip uhamka pun disambut dengan baik oleh para penerima, membuktikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan patut untuk dilanjutkan.


“Alhamdulillah terima kasih banyak, semoga kita bisa jadi saudara dan semoga kalian semua sukses yaa,"  ujar Ibu Siti Marhamah.


“Alhamdulillah ya Allah, semoga menjadi amal jariah dan semoga adik adik mahasiswa sukses," hal yang sama pun diucapkan oleh Pak Kelim.


Di akhir kegiatan penyerahan bantuan keluarga dhuafa yang dilakukan mahasiswa dan mahasiswi dari fkip ditutup oleh kegiatan berfoto foto untuk arsip dokumentasi untuk hasil laporan dan video laporan kegiatan dakwah kemuhammadiyahan. 

=