Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Civitas Akademika PBSI Uhamka dengan DKM At-Taqwa guna Pengembangan SDM Berkelanjutan

29 Desember 2021 | Rabu, Desember 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-29T03:46:05Z


Serambiupdate.com
 Masjid Jami At Taqwa yang terletak di wilayah Jl Sunter Muara, Sunter Agung, Jakarta Utara merupakan salah satu masjid yang memiliki potensi kegiatan yang luar biasa, salah satunya kegiatan kepemudaan. Pada sabtu (05/12) terdapat kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa dan Dosen PBSI Uhamka bertempat di Masjid Jami At Taqwa. Kegiatan itu bertajuk Pelatihan Master of Ceremony pada remaja binaan Masjid Jami At Taqwa Jenjang SMA sederajat. 


Dalam sambutannya, Ir. H Nurus Shobah selaku ketua RW sekaligus ketua yayasan Masjid Jami At Taqwa menuturkan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi kaum pemuda. 


“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada ibu dosen yang bersedia menjadikan lokasi kami sebagai tempat pengabdian masyarakat, selain itu anak anak kami juga dapat dilatih dan dikembangkan lagi potensinya, pelatihan pelatihan seperti ini perlu digencarkan agar anak anak kami di wilayah Sunter Muara, Jakarta Utara dapat menjadi orang orang yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Nurus. 


Hadir pula secara luring pimpinan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami At Taqwa, yaitu Ustad Ahmad Zainuddin, S. Sos. I. Pimpinan DKM juga turut menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya, sebab baru kali ini pelatihan dilaksanakan terlebih bekerja sama dengan salah satu Universitas Swasta Terbaik di DKI Jakarta.


"Pelatihan ini patut kami syukuri karena sebagian besar peserta  yang hadir merupakan anak-anak yatim binaan Masjid Jami At Taqwa yang sedang kami berdayakan dan kami perjuangkan masa depannya, dengan hadirnya PBSI Uhamka turut menggencarkan dan menguatkan program pemberdayaan yang sudah dimulai sejak September 2020 ini, kami juga mengucapkan permohonan maaf apabila dalam sambutan terdapat hal-hal yang jauh dari kata sempurna, kami mengharapkan betul anak-anak kami dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan khidmat dan juga serius agar mampu membawa ilmu ketika sudah berakhirnya kegiatan tersebut," tuturnya. 


Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa komponen yang hadir, Ketua RW 05 Kelurahan Sunter Muara, Ketua DKM At Taqwa, 15 peserta, 3 Mahasiswa dan 3 dosen yang menjadi narasumber dari kegiatan pelatihan tersebut yaitu Prof. Dr. Prima Gusti Yanti, M. Hum., Dr. Nini Ibrahim, M.Pd. dan Deasy Wahyu Hidayati, M.Pd. 


Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa komponen yang hadir, Ketua RW 05 Kelurahan Sunter Muara, Ketua DKM At Taqwa, 15 peserta, 3 Mahasiswa dan 3 dosen yang menjadi narasumber dari kegiatan pelatihan tersebut yaitu Prof. Dr. Prima Gusti Yanti, M. Hum., Dr. Nini Ibrahim, M.Pd. dan Deasy Wahyu Hidayati, M.Pd. 


Prof. Dr. Prima Gusti Yanti, M. Hum selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menghaturkan terima kasih karena telah disambut dengan baik dan dipersilakan untuk melakukan pengabdian masyarakat di Masjid Jami At Taqwa Sunter Muara, Jakarta Utara.


"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa agar mampu melihat langsung permasalahan yang terjadi di masyarakat, terkhusus dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia," ujarnya.


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini membahas materi tentang Keterampilan Berbahasa Produktif dengan subfokus pembahasan Master of Ceremony yang dianggap memiliki potensi bagi kaum pemuda khususnya remaja binaan Masjid Jami At-Taqwa Muara Sunter RW 05. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 3 hari dengan 40 % teori dan 60 % Praktik. Peserta juga diajarkan praktik menjadi master of ceremony yang benar agar kelak menjadi pemuda yang dapat tampil di muka umum serta menjadi kebermanfaatan sendiri bagi masyarakat.


(DYL)


=