Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Pola Asuh Orang Tua dan Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah.

Selasa, 09 November 2021 | Selasa, November 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-10T05:37:22Z



Karya Salwa Nazyra

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA

Masa prasekolah adalah masa anak-anak belajar mengenal lingkungan sosial, mengembangkan potensi yang dimiliki, dan membentuk kemandirian. Kemampuan berinteraksi sosial yang baik sangat diperlukan pada masa ini. Interaksi sosial yang artinya hubungan sosial menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. 

Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses bimbingan atau pola asuh orang tua terhadap anak dalam berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan bermasyarakat. Pola asuh orang tua guna untuk berinteraksi, membimbing, membina, dan mendidik anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan anak sukses. 

Faktor penting lain yang menghambat perkembangan sosial anak prasekolah adalah gadget. Perkembangan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi pola interaksi sosial anak terhadap lingkungan sekitarnya. Penggunaan teknologi gadget juga pada anak prasekolah dapat memberikan dampak positif maupun dampak negatif terhadap interaksi sosial anak di sekolah. Kertergantungan terhadap gadget pada anak disebabkan oleh lamanya durasi dalam menggunakan gadget. Dampak yang ditimbulkan dari ketergantungan gadget adalah dapat membuat anak lebih bersikap individualis karena semakin lama bermain gadget akan menyebabkan lupa berkomunikasi dan berinteraksi terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal tersebut dapat menyebabkan interaksi sosial antara anak dengan masyarakat dan lingkungan sekitar berkurang, bahkan semakin luntur.

Maka dari itu, peran orang tua sangat lah penting akan perkembangan sosial anak. Dengan cara membantu perkembangan anak selama menjalani pendidikan di sekolah agar anak tidak merasa kesulitan yang bisa mengakibatkan anak sulit berkembang di masa prasekolah, pencegahan sejak kecil untuk tidak ketergantungan gadget akan merubah pola pikir kehidupan anak, dan menciptakan lingkungan yang sehat agar anak tidak mencari pengalihan suatu kondisi dengan hal yang tidak diinginkan guna anak dapat berkembang dengan baik sesuai yang diharapkan.


×
Berita Terbaru Update