Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Pendidikan Karakter

Jumat, 12 November 2021 | Jumat, November 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-12T14:06:07Z


Syifa Nurfadilah 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Persepsi orang tua dalam mewujudkan kepribadian dan pendidikan anak dan untuk memahami sebab orang tua harus lebih terlibat dalam pendidikan anak. Pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya adalah merupakan pendidikan yang akan selalu berjalan seiring dengan pembentukan kepribadian anak tersebut dan peran orang tua dalam menunjang pendidikan anak terbatas pada persoalan dana. Persepsi orang tua bertanggung jawab juga memikirkan dan mengusahakan agar senantiasa terciptakan dan terpelihara suatu hubungan antara orang tua dengan anak yang baik, efektif dan menambah kebaikan dan keharmonisan hidup dalam keluarga, sebab telah menjadi bahan kesadaran para orang tua bahwa hanya dengan hubungan yang baik kegiatan pendidikan dapat dilaksanakan dengan efektif dan dapat menunjang terciptanya kehidupan keluarga yang harmonis.


Karakter  pendidikan,  itu  benar-benar  diperlukan  tidak  hanya di  sekolah  tetapi  juga  dirumah,  di lingkungan  sosial.  Acara  sekarang  ini  tidak  lagi  karakter  peserta  pendidikan  anak  usia dini hingga remaja tetapi juga orang dewasa. Mutlak diperlukan untuk kelangsungan hidup bangsa ini.  Kompetisi  membayangkan  apa  yang  akan  muncul  di  tahun-tahun  berikutnya.  Obviusly  ituakan  menjadi beban  kita  dan  orang tua  untuk  hari  ini. Pada saat itu, anak-anak akan  menghadapi persaingan  dengan  rekan-rekan  dari  berbagai  negara  di  seluruh  dunia. Bahkan  kita  masih  akan bekerja kedepannya akan merasakan perasaan yang sama. Menuntut kualitas sumber daya manusia di  milenium  mendatang  tentunya membutuhkan  karakter  yang  baik.  Namun, karakter adalah tujuan individu kunci.


Tujuan Pendidikan Pendidikan Karakter Bangsa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengembangkan potensi afektif peserta didik sebagai manusia dan Warga Negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa

2. Mengembangkan Kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai  universal  dan  tradisi  budaya  dan karakter bangsa

3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa

4. Mengembangkan kemampuan pesrta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan dan

5. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman,jujur, penuh kreativitas dan persahabatan,  serta  dengan  rasa  kebangsaan  yang tinggi dan penuh kekuatan.


Demikian adalah pentingnya pendidikan karakter sejak dini, tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah.


×
Berita Terbaru Update