Notification

×

Iklan

Iklan

Manusia dan Pendidikan

Kamis, 11 November 2021 | Kamis, November 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-11T05:47:55Z

 


Karya ; Siti Nur Fadhilah

 Mahasiswa S1 Akuntansi STIE JIC. 


Pendidikan adalah gerbang menuju kehidupan yang lebih baik dengan memperjuangkan hal-hal terkecil hingga hal-hal terbesar yang normalnya akan dilewati oleh setiap manusia. Pendidikan adalah bekal untuk mengejar semua yang telah ditargetkan oleh seseorang dalam kehidupannya, sehingga tanpa pendidikan maka logikanya semua yang diimpikannya akan menjadi sangat sulit untuk dapat diwujudkan. Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi yg ada dalan diri manusia.

Manusia dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena dimanapun manusia berada pasti akan butuh dengan adanya pendidikan, ini terjadi karena seperti yang telah disebutkan diatas bahwa pendidikan itu bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri manusia. Hal ini jugalah yang menyebabkan pendidikan tidak akan berjalan tanpa adanya kehadiran manusia.

Dalam pendidikan, manusia berperan sebagai subjek sekaligus juga objek pendidikan. Pendidikan yang diberikan kepada manusia haruslah dibarengi dengan pemahaman akan manusia itu sendiri.  Pemahaman atas manusia ini sangatlah penting karena keberagaman yang ada pada diri manusia menyebabkan beragam pula potensi yang ada dalam diri manusia, sehingga diharuskanlah pendidikan diiringi oleh pemahaman atas manusia agar pendidikan tidak akan salah arah dalam membina potensi-potensi manusia tersebut.

Faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan itu sukses dalam perjalanan hidupnya. Akan tetapi, jika dilakukan perbandingan maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengecap pendidikan, baik formal maupun non formal.pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola piker, dan juga kualitas diri seseorang.

 

Pendidikan merupakan prioritas untuk menuju ke arah yang lebih baik dan masa depan yang lebih banyak. Karena itulah pendidikan sangat penting bagi seseorang karena dengan modal pendidikan itulah akan didapatkan suatu pekerjaan yang sesuai dengan jenjang pendidikannya. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, maka akan semakin tinggi pula jabatan atau kedudukan seseorang dalam sebuah instansi.

 

×
Berita Terbaru Update