Notification

×

Iklan

Iklan

Gaet Grup Band Untuk Edukasikan Literasi Digital di Kalangan Generasi Muda

Rabu, 17 November 2021 | Rabu, November 17, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-17T15:10:38Z


Serambiupdate.com Laksanakan edukasi mengenai literasi digital di kalangan anak muda, terkhusus generasi Z Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) menjalankan Siberkreasi dengan menggandeng musisi Indonesia.


Musisi tersebut ialah grup band HIVI!


Melalui kolaborasi ini, dikenalkanlah aransemen musik yang easy listening dengan lirik yang menyerukan kaum muda untuk bijak dalam menggunakan internet.


Dalam video musik pun terdapat pesan bagi para generasi Z untuk pintar dalam menyikapi dampak negatif internet, khususnya bagi kesehatan mental mereka.


Terdapat lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan internet, lebih lagi dalam masa pandemi ini. Peningkatan pengunaan internet di masa pandemi oleh masyarakat berguna untuk menjaga produktivitasnya.


Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemnkominfo menjelaskan, "Ada dampak negaifnya juga dalam penggunaan teknologi digital dan internet jika digunakan untuk menyebarkan hoax, cyberbullying, radikalisme, bahkan terorisme. Disinilah pentingnya edukasi tentang literasi digital, agar para pengguna internet semakin bijak."


Gurp band HIVI! sendiri memiliki empat personil yang masing-masing berbakat dan telah memiliki lagu-lagu populer yang easy listening sejak tahun 2002.


Melalui kegiatan ini, diharapkan pemerintah dapat dengan mudah menjangkau para generasi muda untuk menyosialisasikan literasi digital. 


Untuk kegiatan ini, HIVI! telah menulis dan mengaransemen lagu dengan judul Cerita Dunia Maya #MakiNCakapDigital dimana dalam lagu tersebut mengajak para anak-anak muda untuk memanfaatkan internet dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.


"Diharapkan pesan dari kampanye ini bisa dengan mudah masuk dan diterima oleh masyarakat terkhusus generasi Z, karena melalui musik pendengar sangat mudah terhubung secara emosional biasanya," lanjut Rizki.


Lagu ini telah diunggah di Youtube dan Spotify. (pr)

×
Berita Terbaru Update