Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

16 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 16, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-16T08:55:40Z



Karya Fatimah Suhaila Arsalia

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Pandemi COVID-19 membuat kami terisolasi. Kita jadi kehilangan momen untuk mengobrol, sharing atau berkumpuldengan teman-teman sebaya. Pandemi menimbulkan stres dan juga depresi. Kondisi semakin parah karena pandemi COVID-19 seakan tidak ada ujungnya. 

Masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak memang tidak dapat di hindari. Namun, stres dan rasa cemas berlebihan bisa dikelola dan ditangani, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan mental yang lebih parah di kemudian hari. Berikut adalah tips menjaga kesehatan mental saat pandemi: 

1. Batasiu Penggunaan Sosial Media

“Staying up to date” dan mengikuti berita memang penting, tetapi jika berdampak pada psikis masing-masing orang, sebaiknya batasi penggunaan sosmed. Berita yang tidak baik terpapar terus-menerus akan berdampak negatif bagi kesehatan mental. Bukan hanya itu, mengurangi penggunaan teknologi, mengingatkan diri untuk keluar dari Dunia maya, dan mencari aktivitas lain bisa membuat diri merasa senang dan nyaman.

2. Sibukkan Diri dengan Berbagai Aktivitas 

Dalam masa ini, kami dianjurkan agar diam di rumah dan membatasi keluar. Tips berikutanya dapat dilakukan dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas yang disukai. Habiskan tontonan series, drama atau lainnya yang masih dalam wishlish, melakukan kegiatan yang disukai akan menghindari kamu dari pikiran negatif.

3. Tetap Menjaga Interaksi Sosial

Terkurung di rumah mungkin membuat sebagian orang merasa stres. Apalagi bagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Tips selanjutnya, kita bisa mengambil kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan keluarga atau orang terkasih.

Diskusi dengan mereka dan rencanakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan bersama. Jika kamu merasa cemas  dan tidak bisa di tangani sendiri, ceritakan masalah yang kamu hadapi dengan seseorang yang dipercaya. Mereka mungkin memiliki solusi yang ingin kamu dengar.

4. Jaga Kesehatan Tubuh dengan Baik

Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Jika kesehatan mental menurun, maka sistem kekebalan tubuh akan mengikuti, pun sebaliknya. Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan. Kalian juga bisa olaraga di rumah dengan mengikuti video-video senam di youtube.

Terkadang rasa cemas yang dialami akan sangat membebani, sehingga berbagi tips menjaga kesehatan mental pun tidak ampuh pada diri sendiri. Jika hal ini terjadi pada kamu, diskusi dengan psikolog atau psikiater. Bagaimana pun keadaan saat ini, perlu diingat jika kamu tidak sendiri. Ada orang-orang terdekat yang selalu bersedia membantu dalam susah atau senang.


=