Notification

×

Iklan

Iklan

Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 di SMAN 97 Jakarta oleh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T03:03:16Z

Serambiupdate.com Program   PLP   merupakan   kegiatan   akademik   yang   tercantum   dalam kurikulum semua program studi yang ada di lingkungan FKIP UHAMKA, yaitu salah satunya Pendidikan Ekonomi. PLP 1 bertujuan membangun landasan jati diri pendidik melalui pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah, pengamatan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.


Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Salah satunya kelompok dari Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA memilih untuk melaksanakan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) 1 di SMAN 97 Jakarta. Kegiatan PLP 1 ini di laksanakan selama masa pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus covid-19.


SMAN 97 Jakarta menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan sekolah tersebut menjadi salah satu sekolah yang sedang melaksanakan pembelajaran tatap muka jadi memudahkan mahasiswa untuk melakukan observasi lebih mendalam mengenai sekolah tersebut.


Dalam kegiatan PLP 1, mahasiswa diberi tugas untuk mewawancarai salah satu guru bidang studi di SMAN 97 Jakarta yaitu Bu Army yang merupakan guru ekonomi kelas 10. Pada saat wawancara berlangsung, Bu Army menjelaskan bahwa adanya beberapa problematika yang terjadi selama pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMAN 97 Jakarta terutama terkait "Keaktifan Siswa".


“Selama kegiatan sekolah di lakukan secara daring, banyak sekali permasalahan yang kami hadapi terutama terkait keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung” ucap Bu Army

"Selain itu, pembelajaran pun tidak dapat diserap dengan mudah sehingga perlu adanya tindak lanjut yang harus dilakukan setelah pembelajaran daring". Lanjut bu Army


Dari kendala tersebut perlu adanya komunikasi yang baik antara wali kelas, guru BK dengan orang tua siswa. Agar kendala kendala tersebut dapat diatasi lebih cepat dan meminimalisir Terjadinya permasalahan terkait keaktifan siswa SMAN 97 Jakarta. Selain itu, para guru di SMAN 97 Jakarta selalu memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa-siswi agar bertanggung jawab dalam pembelajaran.


Dalam kegiatan ini Mahasiswa PEKOM FKIP UHAMKA dapat mengetahui problematika yang terjadi disekolah saat pandemi dan solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Sehingga berguna untuk mempersiapkan sebagai guru profesional di waktu mendatang.


=