Notification

×

Iklan

Iklan

Pengenalan Lapangan Sekolah di Dalam Ruang Lingkup Observasi secara Struktural pada Masa Daring di Sekolah SD N 3 SukatanI

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10/08/2021 07:03:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-10T16:34:33Z
Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, telah melakukan sebuah kegiatan yaitu pengenalan lapangan persekolahan 1 (PLP 1) berdasarkan surat edaran yang ditetapkan dengan  nomor surat : 1546/F.08.01/202 tentang “Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 Tahun Akademik 2021/2022”
 
Pada pengenalan lapangan sekolah mahasiswa program studi pendidikan Guru sekolah dasar (PGDD) , menempatkan sebuah sekolah yang terletak untuk kegiatan PLP1  yaitu SDN 3 SUKATANI alamatnya terdapat di jalan kemang sukatani rt05 / rw 24 kecamatan tapos , kota depok  Jawa Barat 16454, yang dimana pada kelompok PLP 1 terdapat 7 mahasiswa yaitu 1)Munfaiz Normansyah 2) bagus setiawan 3) farhan vieridzal  4) Amalia fauziah 5) liftianah ade martia 6) yunisa Nur qolbi 7) riana wulansari. 

Tempat pelaksanaan lapangan sekolah sangat mudah strategis mudah di jangkau dari tranportasi dimana untuk mahasiswa semuanya berada atau berdomisili di wilayah jabodetabek

Pengenalan lapangan sekolah di SD N 3 sukatani yang berada di sukatani kecamatan tapos depok Jawa Barat, adaupun wawancara kepada kepala sekolah Lia amalia,S.Pd.,MM, guru Norma s,pd. Guru  Suci ,M,pd, Guru bu Arum s,pd,Guru dan Guru bu indah s,pd. sekolah terletak di samping jalan untuk akses tranportasi sangat mudah, metode dan media saat di gunakan di sekolah ini sangat kreatif guna mendorong kemampuan intelektual siswa-siswi berbagai strategi dalam pembelajaran daring di implementasikan ,visi dan misi sekolah yang sudah di jalankan selama pembelajaran daring , mutu pendidikan terus di kembankan pada sekolah SD N 3 sukatani guna membangun generasi siswa-siswi yang unggul, kreatif dan berprestasi, Nilai kultural, religius dan humanitas terlekat pada suatu misi di sekolah,relasi pengetahuan dengan kata motivasi pada setiap dinding sekolah selama pembelajaran daring guru akan terus memberikan yang terbaik pada suatu media atau metode pembelajaran yang tepat saat menggunakan aplikasi virtual, Generasi saat ini ditentukan oleh guru yang mengajar, setiap  metode terus di kolaborasi  guru sebagai fasilitator dan motivator, dapat menyeimbangkan zaman ke zaman seperti halnya ilmu pendidikan pedagogi yang terus di kaji dan di kembangkan

Pengalaman baik saat PLP 1 Menambahkan relasi ilmu dari guru menjadi tahu bagaimana cara guru menggunakan metode serta media, serta bagaimana kepala sekolah dan guru cara mengelola sekolah pada struktur administrasi, dapat bersilaturahmi dengan kepala sekolah dan guru menjadikan semakin kenal memudahkan menemukan hal baru terkait pengalaman dari kepala sekolah dan guru.

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. 

Adapun perangkat dari pendidikan ada 2 yaitu pendidik(orang yg mengajar)dan murid adalah orang yang diajar. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya.Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Manfaat dari kegiatan PLP 1 pada kesempatan plp1 memberikan manfaat untuk calon guru SD karena dapat berkoordinasi secara langsung ke sekolah, mampu meningkatkan ilmu pengetahuan terutama bagaimana cara mendidik serta menyusun struktur birokrasi sekolah yang mana dapat di pahami kemudian dapat menemukan hal baru untuk selanjutnya di kembang kan lagi sebagai modal dasar untuk mendorong semangat saat belajar, terimakasih banyak untuk kepala sekolah dan guru jasamu sangat banyak untuk mengajar dan memberikan ilmu serta manfaat bagi generasi anak bangsa, plp atau sering disebut pengenalan lingkungan persekolahan merupakan suatu kegiatan awal bagi para calon pendidik untuk mengenal lebih dalam terhadap sekolah yang akan di observasi.. dengan adanya kegiatan ini calon guru diharapkan dapat lebih kompeten, dan mampu untuk menunjukan ke profesionalitasnya, sehingga guru ini dapat bersaing dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik.
=