Notification

×

Iklan

Iklan

Pelaksanaan PLP 1 di SMA Hang Tuah 1 Dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

12 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-12T15:35:06Z


Serambiupdate.com Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 merupakan tahapan pertama yang dilakukan dengan cara observasi persekolahan dan pengenalan budaya sekolah untuk menciptakan guru profesional pada program jenjang sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada saat semester 5.

Tujuan kegiatan PLP 1 ini adalah untuk membangun jati diri pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah seperti mengamati kultur sekolah, struktur organisasi, sekolah dan tata kelola, peraturan dan tata tertib, kegiatan-kegiatan seremonial formal, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif disekolah serta kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler.

Pada Selasa, 14 September 2021 mahasiswa FKIP UHAMKA mendapatkan pembekalan sebelum melaksanakan kegiatan PLP 1. Selanjutnya dibentuk menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan tujuh orang yaitu Rayhan Muhammad Akbar, Devina Yulianti, Diah Sofiana Eka Putri S, Naufal Fadhilah, Niken Kusuma Ayu Fadhila, Riska Wahyu Ananda, dan Savira Fauziah dari Program Studi Pendidikan Matematika dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Subhan Aziz Awalludin, M.Sc.

Mahasiswa melakukan observasi di SMA Hang Tuah 1 Jakarta yang berada di Jl. Ciledug Raya Komplek Seskoal Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Rekan-rekan mahasiswa berkesempatan untuk mewawancarai Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 1 yaitu Bapak Drs. Hamidi, S.Sos. M.Ikom, guru pamong Bapak Fitrah Budi Satria, S.Pd, serta tiga siswa kelas 12 SMA Hang Tuah 1 Jakarta.

Selama masa pandemi ini, kegiatan seperti sekolah atau bekerja dilakukan secara daring. Seiring berjalannya waktu, tingkat populasi pandemi menurun. Sudah banyak kegiatan seperti sekolah yang diadakan secara tatap muka secara bergantian. Namun, SMA Hang Tuah 1 Jakarta belum melaksanakan kegiatan tatap muka selama pembelajaran dan masih melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring, dikarenakan mereka akan melaksanakan pekan PTS terlebih dahulu yang kemudian akan dilaksanakan pembelajaran secara luring.

Meskipun SMA Hang Tuah 1 Jakarta belum melaksanakan KBM secara tatap muka, tetapi SMA tersebut sudah menyiapkan dan mengikuti program kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah, seperti pengecekan suhu, disediakannya wastafel dan sabun cuci tangan di setiap sudut, tersedia handsanitizer, dan lainnya.

Selama pelaksanaan secara daring banyak kendala yang dialami dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, serta siswa. Misalnya pada saat kegiatan belajar mengajar dan administrasi.

Guru pamong Fitrah Budi Satria, S.Pd mengungkapkan, “Kendala pertama jaringan, kendala kedua terkait penjelasan secara berulang karena banyak siswa yang izin untuk melakukan sesuatu hal,” ujarnya. Dari kendala tersebut beliau juga mengungkapkan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya “Sekolah memberikan fasilitas untuk siswa yang memiliki kendala terhadap jaringan ataupun alat untuk mengakses LMS (Learning Managemet System), dan untuk kendala dalam pemahaman siswa yaitu diberikan penjelasan secara berulang kali disertakan juga video pendukung pembelajaran. Selain itu, siswa diizinkan bertanya terkait materi pada saat KBM berlangsung ataupun melalui chat pribadi”. Ungkap Fitrah Budi Satria, S.Pd selaku guru pamong.

Selain kendala terkait proses pembelajaran kendala pada administrasi juga dialami oleh para siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Misalnya, terkendala dalam pembayaran uang bulanan sekolah. Untuk menyikapi terkait kendala tersebut Bapak Drs. Hamidi, S.Sos. M.Ikom selaku kepala sekolah SMA Hang Tuah 1 Jakarta mengungkapkan “Selama pandemi kita berikan kesempatan kepada orang tua yang meminta keringanan yaitu berbentuk pemotongan dan penundaan pembayaran SPP” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan PLP 1 ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai lingkungan persekolahan secara langsung. Gambaran tersebut nantinya akan menjadi bekal untuk pelaksanaan PLP 2 di semester 7 dan sebagai calon guru menjadi lebih mengenal lingkungan sekolah.


=