Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Kegiatan PLP 1 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Mengetahui Cara Unik SMA Angkasa 2 Atasi Kendala Selama Proses Pembelajaran Daring

11 Oktober 2021 | Senin, Oktober 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T05:08:32Z

 


Serambiupdate.com Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka kembali mengadakan kgiatan PLP 1 (Perkenalan Lapangan Prasekolah) yang ditujukan untuk mahasiswa semster 5. Kegiatan PLP 1 ini dilakukan di berbagai lembaga penidikan formal diantaranya Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejurusan.


Adapun tujuan dari kegiatan PLP 1 ini yaitu untuk meningkatkan sosialisasi dan juga pengenalan ruang lingkup sekolah yang di dalamnya memuat tentang karakteristik murid, guru, maupun sekolah itu sendiri dengan melalui beberapa bentuk kegiatan yaitu berupa pengamatan terhadap kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal dan kegiatan-kegiatan rutinnya, mencari informasi mengenai kedisiplinan, serta mengamati praktik-praktik pembiasaan positif yang ada disekolah tersebut. Kegiatan ini berupa observasi pengamatan sekaligus wawancara kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong sebagai narasumber.


Sejumlah Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang pun turut serta melakukan kegiatan PLP 1 ini yang diketuai oleh Adnantio Akbarsyah dan beranggotakan Pani Arini Putri, Irvan Nur Said, Inayah Maulidah, Mila Dewi Rochmawati dan dibimbing oleh salah satu Dosen Pembimbing yaitu Ibu Retno Utari, M.Pd.


Sekolah yang dijadikan tujuan untuk PLP 1 ini adalah SMA Angkas 2 yang terletak di Jl. Avia G No.55, RT.3/RW.4, Halim Perdana Kusumah, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Adapun alasan SMA Angkasa 2 ini menjadi tujuan kegiatan PLP 1 adalah sebuah sekolah swasta yang memiliki cara unik untuk mengatasi problematika dikala proses pembelajaran yang dilakukan secara daring.


Seperti yang kita ketahui proses pembelajaran daring sudah berjalan 1 tahun lebih dikarnakan adanya Pandemi ini. Tentunya dengan peralihan sistem belajar dari luring ke daring ini berdampak pada ketidak biasaan dalam proses pembelajaran. Dampak yang ditimbulakan diantaranya motivasi siswa untuk belajar yang menurun sehingga malas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.  


Namun ada cara unik dari SMA Angkasa 2 ini dalan mengatasi persoalan tersebut. Amanda Ekawati, S.Pd selaku guru pamong mengatakan “ Selain  mengingatkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran melaui grup kelas, kami selaku guru juga menghubungi langsung orang tua murid melaui telpon untuk memastikan anak didiknya sudah bangun dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran “ ujarnya. Tentu ini adalah upaya yang tidak biasa yang dilakukan seorang guru  .


Amanda Ekawati, S.Pd juga menambahkan, bahwa dengan cara yang telah dilakukan seperti itu pun masih belum cukup untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, “ Upaya kami sebagai guru tidak hanya itu, untuk memaksimalkan proses pembelajaran kami membuat sendiri materi berupa video penjelasan, lalu kami simpan di website online learning kami yaitu Angkasa Belajar agar siswa dapat mengaksesnya kapanpun, adapun tujuan dari pembuatan video secara madiri ini adalah agar peserta didik merasa lebih dekat dan familiar dengan materi karna disampaikan langsung oleh gurunya tanpa perantara orang lain walapun dilakukan secara daring. “ tambahnya.


“Adapaun kendala lain dalam proses pembelajaran daring ini adalah gangguan jaringan dan sejenisnya. Namun kendala tersebut tidak begitu mempengarui proses pembelajaran, semuanya masih dapat berjalan lancar” ujar Amanda Ekawati, S.Pd.


Setelah kita mengetahui kondisi pelaksanaan pembelajaran daring yang ada di SMA Angkasa 2 melaui kegiatan PLP 1 ini, tentunya selaku calon tenaga didik kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagaimana proses kegiatan belajar mengajar berjalan secara daring dan bagaimana cara mengatasi ketika terdapat kendala saat kegiatan belajar secara daring.

 

=