Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswi PG PAUD FKIP Uhamka turut Laksanakan kegiatan PLP 1 di TK Darul Hijrah di Kota Kupang NTT

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:24:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T04:24:21Z


Serambiupdate.com Rafika Putri Yuza, mahasiswi program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP 1) di Taman Kanak-kanak (TK) Darul hijrah pada hari Rabu tanggal 29 September 2021. Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan selama masa pandemi dengan menggunakan sistem luring dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19. Kegiatan PLP 1 ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Kegiatan PLP 1 merupakan bentuk pemagangan yang dilakukan mahasiswa semester 5 di UHAMKA untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibuk Khusniyati Masykuroh, M.Pd. 


TK Darul Hijrah terletak tepat di belakang Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua yang beralamat di Jl. Fetor Foenay RT.034 RW. 12 No. 99 Kecamatan Maulafa Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Di dalam kompleks Masjid Darul Hijrah, terdapat pula Madrasah Ibtidaiah (MI) Darul Hijrah yang kesemuanya merupakan satu keterpaduan Kegiatan Masyarakat di wilayah Kecamatan Maulafa. Dari sisi geografis, lokasi TK Darul Hijrah sangat strategis. Terletak di kompleks perumahan BTN Kolhua yang notabenenya tidak jauh dari pusat kota membuat TK Darul Hijrah mudah dijangkau bagi peserta didik yang berdomisili di Kota Kupang. Letaknya yang cukup dekat dari pusat kota namun tidak riuh dengan hingar bingar perkotaan membuat suasana TK Darul Hijrah sangat kondusif untuk sebuah lembaga pendidikan. Ditambah dengan pagar yang mengelilingi kompleks Masjid Darul Hijrah dan TK Darul hijrah membuat lingkungan di dalam kompleks sangat aman dan nyaman bagi peserta didik saat bermain dan belajar di TK Darul Hijrah.


Tenaga pendidik yang berada di TK Darul Hijrah merupakan tenaga pendidik yang professional dan telah memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan. Secara keseluruhan, tenaga pendidik di TK Darul Hijrah memiliki latar belakang pendidikan sarjana dengan kualifikasi pendidikan keguruan. Para tenaga pendidik di TK Darul Hijrah juga memiliki pengalaman yang banyak dalam mendidik anak usia dini dan memiliki kreatifitas yang luar biasa sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan beberapa prestasi yang diraih baik di tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional. Para tenaga pendidik juga tidak lupa meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti banyak kegiatan yang diikuti oleh Kepala Sekolah maupun guru, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional.


Melalui wawancara di kegiatan PLP 1 yang dilakukan dengan Ibu May Saraswati, S.Pd selaku Kepala Sekolah TK Darul Hijrah dan Ibu Susi Sugianti, S.Pd AUD selaku guru pamong, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di TK Darul Hijrah khususnya kegiatan proses belajar mengajar daring selama pandemi. Salah satu permasalahan yang sangat krusial untuk kegiatan pembelajaran daring adalah kendala jaringan internet yang kualitasnya menurun pasca bencana siklon tropis Seroja yang melanda NTT. Permasalahan lainnya yang terjadi adalah orang tua peserta didik yang belum terlalu fasih menggunakan gawai untuk keperluan pembelajaran daring.


Dalam wawancaranya, Ibu May Saraswati, S.Pd selaku kepala sekolah menjelaskan, “dikarenakan lingkungan TK menjadi satu dengan masjid, siswa TK Darul Hijrah terfokus kepada komunitas muslim yang berada di sekitar. Siswa kita yang ada di sini sebagian besar adalah pendatang yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, bukan cuma dari NTT saja. Ada yang dari Jawa, Sumatera, Bali, NTB, Makasar, Sulawesi, dan Kalimantan. Bahasa justru bukanlah sebuah kendala bagi kami karena kami di sini menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Yang membedakan itu adalah secara fisik dan karakter atau sifat. Karena karakter atau sifat orang NTT pastinya berbeda dengan orang dari Sumatera. Semuanya tergantung orang tua di rumah”.

=