Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Uhamka Melaksanakan PLP 1 di SD Negeri 26 Manggar

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 10:57:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T03:57:42Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa UHAMKA semester 5 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar saat ini sedang melakukan  Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) dimana ini merupakan salah satu mata kuliah mahasiswa semester 5. Untuk memenuhi tugas dari mata kuliah ini mahasiswa UHAMKA melakukan wawancara ke kepala sekolah beserta guru pamong terkait dengan informasi yang mengenai peserta didik. Dalam memenuhi tugas dari mata kuliah tersebut, mahasiswa UHAMKA harus melaksakan Pengenalan lingkungan persekolahan 1 dari tanggal 23 September s/d 04 Oktober 2021.

 

Mahasiswa UHAMKA ini melakukan wawancara di SD NEGERI 26 MANGGAR yang terletak di Des. Kelubi, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur, Prov. Kep. Bangka Belitung dengan mewawancarai kepala sekolah yang bernama Ibu Rosdini S.Pd,SD serta salah satu guru pamong yang bernama Ibu Yuniati S.Pd. Dari hasil wawancara tersebut bahwa di SD NEGERI 26 MANGGAR ini terdapat 8 orang tenaga pendidik yang terdiri dari 6 orang guru yang memegang setiap kelas dan 2 orang guru bidang studi yaitu Penjaskes dan Pendidikan Agama Islam serta 2 orang tata usaha dan 1 orang perpustakaan. Dan seluruh guru, tata usaha serta pengurus perpustakaan bertugas pada pukul 07.30 sampai 15.00.

 

Menurut ibu Rosdini S.Pd,SD selaku kepala sekolah di SD tersebut “Karakteristik pada setiap peserta didik tentunya berbeda-beda. Namun, secara umum karakteristik siswa/i nya ini ada yang periang, pendiam, dan aktif dalam setiap kegiatan positif yang setiap harinya dilakukan disekolah seperti melaksanakan prokes dan disiplin dalam pembelajaran.” Untuk kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah ini sudah dilaksanakan. Namun, belum berjalan secara maksimal karena kondisi pandemi covid-19 yang masih menyebar.

 

Di sekolah ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dan luring. Menurut ibu Yuniati S.Pd. selaku guru pamong “Secara daring siswa/siswi belajar menggunakan WA grup dengan bimbingan guru kelas. Sedangkan secara luring setiap siswa/siswi masuk pada pukul 07.30. Untuk proses penilaian yang dilakukan oleh guru biasanya dari video tugas, pengumpulan tugas tepat pada waktu yang sudah diberikan, serta melihat pekembangan siswa/siswinya apakah mereka cepat untuk menanggapi dan memahami materi yang sudah diberikan.” Namun, ada beberapa kendala yang biasa ditemui oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti ada beberapa peserta didik yang daya tangkapnya kurang jadi mereka kurang tanggap dengan materi yang dijelaskan.

 

=