Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA Telah Melaksanakan PLP 1 Di SMK ADI LUHUR 2 Jakarta

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T13:10:50Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa semester 5 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA telah melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolah 1 (PLP 1) di salah satu Yayasan Islam ADI LUHUR 2 yang ada di Condet, Jakarta Timur. Kegiatan ini beranggotakan 7 orang, diantaranya adalah Bintang Fedora Aditya, Dea Marizka, Esa Triani, Nurul Rahmah, Rida Faradilla, Rosyidatul Hayat dan Rizka Adjeng Garnisia.

 

Adapun kegiatan yang dilakukan mengenai Observasi Lingkungan Sekolah dan Kegiatan Sekolah yang dikonfirmasi oleh Kepala Sekolah yang bernama Dedi Haryanto S.Kom M.Pd. dan Ibu Izah Sumiyatin, S.Pd. Sebagai guru pamong mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK ADI LUHUR 2.

 

Kegiatan PLP 1 ini dilakukan agar mahasiswa mampu menunjukan jati diri sebagai calon guru dan juga untuk mengetahui proses kegiatan belajar dan mengajar yang terjadi ditengah situasi pandemi ini. Dalam proses kegiatan PLP 1 Bapak Dedi Haryanto menuturkan bahwa “Dalam proses mengajar seorang guru wajib mempunyai Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar mempermudah proses pengajaran dan pembelajaran pada murid. Dengan adanya Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini selalu menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan”.

 

Namun dalam situasi pandemic ini, kegiatan mengajar di SMK ADI LUHUR 2 berlangsung dengan lancar, karena di sekolah ADI LUHUR 2 ini menggunakan sistem daring yaitu proses melatih peserta didik menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, Google Clasroom dan Edmodo. Dalam proses melatih peserta didik terkait pembelajaran Ibu Izah Sumiyatin sebagai Guru Bahasa Inggris mengatakan “kegiatan yang dilakukan melalui jarak jauh menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan dan biasanya menyapa para murid melalui Grup Whatsapp dan saat penjelasan materi melalui Google Meet dan saat pengumpulan tugas melalui Edmodo dan Google Clasroom.

 

SMK ADI LUHUR 2 juga aktif melaksanakan kegiatan sekolah yaitu melakukan Kegiatan rutin yang diadakan setiap minggunya yaitu Ekskul Pramuka di hari Rabu, Istigosah di Hari Jum’at dan Taekwondo di hari Sabtu. Namun Taekwondo diadakan pada saat offline. Selain itu ada juga keliatan keagamaan, yaitu : Isra Mi’raj, Santunan Anak yatim.

 

“Meskipun kegiatan pembelajaran jarak jauh pada peserta didik ketika akan mulai belajar, tetap diwajibkan untuk absen terlebih dahulu di Grup kelas dan batas waktu penugasan yaitu sesuai dengan waktu yang diberikan kepada para murid.”

 

Maka dengan diadakannya kegiatan PLP 1 ini kita mendapatkan dunia pendidikan secara nyata. Sehingga, nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang professional dibidangnya.

=