Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PG PAUD FKIP UHAMKA Melaksanakan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 di TK Nisrina Jatiasih

Kamis, 07 Oktober 2021 | 10/07/2021 08:02:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-07T13:02:10Z

Serambiupdate.com Lima Mahasiswa PG PAUD FKIP UHAMKA yang bernama Aliyyannisa Nabila, Fransiska Rahmawati, Hashna Harishatu Rahmah, Khoirotul Hisan dan Mifta Nur Zalsa telah melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP 1) di TK Nisrina Jatiasih, Bekasi. Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan yang dilakukan mahasiswa semester 5 untuk memahami terkait proses pengamatan atau observasi yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan PAUD.


TK Nisrina menjadi sasaran kami untuk melakukan observasi dikarenakan lokasi yang terjangkau oleh kami dan sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Kami mewawancarai kepala sekolah ibu Sekartini, S.Pd dan salah satu guru pamong ibu Ambara Kias Afinda, S.Pd di TK Nisrina. Pada saat melakukan wawancara dengan kepala sekolah TK Nisrina Bu Sekartini, S.Pd menjelaskan bahwa di TK Nisrina tidak ada kegiatan ekstrakulikuler namun mengadakan kegiatan Outdoor dan Indoor seperti Berkuda, Berenang, Menangkap Ikan, Market Day dan Fun Cooking.  Kami juga melakukan wawancara dengan salah satu guru pamong yaitu Bu Ambara Kias Afinda, S.Pd yang menjelaskan tentang proses pembelajaran secara daring yang telah dilalui menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk mampu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang dengan memiliki jiwa yang inovatif dan kreatif. 


"Kegiatan Outdoor dan Indoor di TK Nisrina sebelum pandemi itu ada kunjungan edukasi ke kidzania, Gelanggang Samudra, Outbound, Berkuda hingga Fun Cooking. Kegiatan itu masih terlaksana sebelum masa pandemi dan dimasa pandemi ini Alhamdulillah ada beberapa kegiatan yang masih terlaksana seperti Fun Cooking yang dilaksanakan dari rumah masing-masing peserta didik." Ucap Ibu Sekartini, S.Pd.


Setiap kegiatan yang diadakan di sekolah menjadi tanggung  guru untuk menginformasikan kembali kepada orang tua peserta didik melalui whatsapp group. Kami juga mendengarkan penjelasan kepala sekolah mengenai tata tertib yang ada di TK Nisrina dan salah satu tata tertib yang diterapkan yaitu peserta didik diharuskan membawa bekal dari rumah. 


Di TK Nisrina ini tidak berfokus pada penguatan karakter tetapi berfokus pada menanamkan adab-adab Islam para peserta didik seperti mengucapkan salam, bersalaman dengan guru, adab ketika berdoa, adab ketika makan, adab ketika di kamar mandi, melakukan dzikir pagi dan melaksanakan shalat dhuha. Penilaian peserta didik saat proses pembelajaran daring di masa pandemi dinilai dari pelaporan foto atau video kegiatan peserta didik yang sudah dikerjakan di rumah dan pembelajaran daring dilakukan setiap hari senin-jumat dengan waktu pembelajaran dari pukul 08.00-11.00 WIB melalui whatsapp group  dan youtube TK Nisrina. Namun, jika orang tua tidak bisa membersamai anak ketika daring, laporan kegiatan dibolehkan untuk menyusul. Sedangkan pada penerapan tatap muka terbatas, penilaian peserta didik lebih mudah dilakukan karena guru dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta didik. 


Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) ini kita dapat mengetahui terkait permasalahan yang dihadapi oleh pihak sekolah, guru maupun peserta didik dalam menjalankan kegiatan belajar daring maupun luring serta cara mengatasi permasalahan tersebut. Dari pelaksanaan kegiatan PLP 1 ini menyadarkan kami sebagai calon pendidik apakah mampu menjadi guru yang adaptif, inovatif dan kreatif atau hanya mengandalkan sistem pendidikan yang sudah ada. 

=