Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PG PAUD FKIP UHAMKA Melakukan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 di RA-KB Mafaza Jakarta Utara

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 07:42:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T00:42:11Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa FKIP UHAMKA pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di RA-KB Mafaza Jakarta Utara. Kegiatan PLP 1 ini dilakukan oleh mahasiswa semester 5 secara berkelompok, di mana mahasiswa akan menjalani proses pengamatan/observasi dan wawancara dengan pihak sekolah untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di Satuan Pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun landasan jati diri pendidik.

 

Rancangan kegiatan PLP 1 ini meliputi kegiatan wawancara kepala sekolah dan salah satu guru, selain itu juga melakukan dokumentasi di lingkungan sekolah. Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

Pada kegiatan PLP 1 ini kami mewawancarai dan mengobservasi hal-hal yang berkaitan dengan Kultur/Budaya di Sekolah, Struktur Organisasi dan Tata Kelola di Sekolah, Peraturan dan Tata Tertib di Sekolah, Kegiatan Seremonial Formal di Sekolah,  Kegiatan Kurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler di Sekolah,dan Pembiasaan serta  kebiasaan positif yang ada disekolah.

RA-KB Mafaza Jakarta Utara menjadi sasaran objek dalam kegiatan PLP 1 ini. Dengan alasan bahwa RA-KB Mafaza ini merupakan sekolah PAUD yang memiliki akreditasi yang baik yaitu B, serta lokasi yang cukup strategis dan terbilang cukup mudah untuk ditempuh. Pada hari Senin, 27 September 2021, mahasiswa PG-PAUD FKIP UHAMKA mewawancarai Ibu Sri Wahyuni, S.Pd selaku kepala sekolah dan Ibu Palupi Rahmawati, S.Si selaku salah satu guru di RA-KB Mafaza.

 

RA-KB Mafaza Jakarta Utara ini sudah mulai melakukan pembelajaran secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun tidak semua murid melainkan hanya beberapa murid saja yang tinggal di dekat kawasan RA-KB Mafaza ini serta memiliki surat izin dari orang tua. Masih ada murid yang memilih untuk bersekolah dari rumah.

 

“RA-KB Mafaza Jakarta Utara ini sudah mulai mencoba dibuka secara offline namun tidak semua murid melainkan hanya murid yang sudah memiliki izin dari orang tuanya”ucap ibu Sri Wahyuni selaku kepala sekolah RA-KB Mafaza Jakarta.

 

Adanya pandemi COVID-19 para guru di RA-KB Mafaza dituntut untuk semakin kreatif dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa di rumah. Pembelajaran secara daring di RA-KB Mafaza menggunakan aplikasi WhatsApp dengan memberikan materi berupa voice note, video  call dan video pembelajaran yang dibuat oleh guru kelas masing-masing. Terkadang juga guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet. Setiap tugas yang diberikan kepada siswa diberi batasan waktu pengumpulan sampai pukul 20.00 WIB.

 

"Pandemi COVID-19 berpengaruh pada proses pembelajaran. Seperti saat pelaksanaan pembelajaran daring masih terdapat orang tua yang tidak mengirimkan tugas anaknya, sehingga guru sulit menilai perkembangan dari siswa tersebut. Selain itu pada masa pandemi COVID-19 jumlah peserta didik yang masuk menurun dari tahun-tahun sebelumnya" ucap Ibu Palupi selaku guru di RA-KB Mafaza Jakarta.

 

Melalui Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) dapat menambah pengetahuan para mahasiswa program studi PG PAUD FKIP UHAMKA mengenai seperti apa pelaksanaan pembelajaran PAUD selama pandemi COVID-19. Mahasiswa PG-PAUD FKIP UHAMKA juga dapat mengetahui permasalahan - permasalahan dan cara mengatasi permasalahan yang dialami oleh sekolah baik kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, orang tua, serta peserta didik.

=