Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Uhamka lakukan PLP 1 di SMA Yappenda Jakarta Utara

10 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T15:18:11Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Geografi melakukan kegiatan pengenalan lapangan persekolahan 1 (PLP 1) di SMA YAPPENDA, Jakarta Utara. 


Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.


Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan salah satu mata kuliah wajib Fakultas yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pemagangan. Tujuannya, untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik.


Kegiatan PLP 1 dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 dan bersifat perkelompok, kegiatan PLP 1 diawali dengan beberapa persiapan seperti, kegiatan pembekalan atau orientasi tentang kegiatan PLP melalui via zoom, lalu kegiatan pengajuan kelompok dan sekolah tujuan melalui link gform yang telah disediakan pihak UPT PLP FKIP UHAMKA, setelah itu menunggu surat izin untuk sekolah , lalu konsultasi ke dosen pembimbing , dan tahap akhir adalah penyerahan surat izin ke sekolah tujuan dan pelaksaanaan PLP di sekolah tujuan. 


SMA YAPPENDA didirikan oleh Yayasan Pendidikan Pengajaran Dewasa pada tahun 1979. Sebagai sekolah yang belajarnya pada pagi hari. Sebelumnya YAPPENDA membuka SMA pada sore/ malam hari dengan nama SMA DEWASA yaitu pada tahun 1970. Lokasi sekolah pada waktu itu di Jalan Sulawesi, Koja, Tanjung Priok Jakarta Utara. 


SMA YAPPENDA bertingkat 3 (tiga) dengan fasilitas belajar 17 Kelas ruang belajar, Lab Bahasa, Lab Kimia, Lab Fisika, Lab Biologi dan Lab Komputer masing masing 1 kelas.  Selain itu sekolah juga mempunyai ruang perpustakaan dan ruang kesenian yang sudah terisi dengan alat-alat bend. 

Wawancara dilakukan pada hari Senin, 27 September 2021. Adapun yang menjadi narasumber dari wawancara PLP 1 ini diantaranya Wahyu Dawam Budi Uotomo, M.Pd sebagai kepala sekolah, Tardi  B.Sc kepala Tata Usaha, dan Rahimuddin, S.Pd sebagi guru.

 

Kegiatan PLP 1 diaksanakan di SMA YAPPENDA yang menjadi salah satu sekolah tujuan mahasiswa uhamka, dimana di dalam kelompok tersebut terdiri dari 1 ketua kelompok dan 3 anggota kelompok. Ketua dalam kelompok ini bernama Salsha Larasati, dan anggota kelompok yang bernama Karina Fatimah, Yuyun Novita Sari, dan Mirna Sri Sulistiani. SMA YAPPENDA menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan PLP 1. 


Selama pandemic, SMA YAPPENDA melaksanakan kegiatan KBM di berbagai media seperti zoom, WA Group, dan ada sebagian murid yang sudah bersekolah offline dengan dibagi berbagai sesi untuk menghindari kerumunan di sekolah. Meskipun proses pembelajaran masih dilakukan jarak jauh , kedisipinan masih tetap diterapkan dan dilaksanakan dengan baik.


Dengan dilaksanakan nya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa yang ikut terjun langsung ke lapangan sekolah SMA YAPPENDA dapat melihat sendiri keadaan sekolah SMA YAPPENDA dengan karakteristik peserta didik , struktur organisasi sekolah, serta unsur unsur yang terdapat di dalamnya. Pihak sekolah juga memberi informasi mengenai pembiasan dan kebiasaan positif yang teah diberlakukan dan juga motivasi motivasi yang diberikan oleh Ibu/Bapak guru maupun Kepala Sekolah. 

=