Notification

×

Iklan

Iklan

Melakukan PTM (Sekolah Tatap Muka) saat Pandemi di sekolah SMAN 69 JAKARTA

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-08T01:37:33Z



Serambiupdate.com Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan yang dimana mahasiswa akan menjalani pengamatan atau observasi yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, tujuannya untuk membangun jati diri pendidik. Dengan adanya plp 1, di harap calon pendidik mendapatkan pengalaman yang berharga dan menjadi tenaga yang menjunjung profesionalisme guru serta mampu bersaing dalam proses kemajuan di bidang pendidikan. Setelah melaksanakan plp 1 yang di mulai pada tanggal 23 september - 4 oktober 2021, terhitung kurang lebih 11 hari di sekolah SMAN 69 JAKARTA. Banyak pengalaman- pengalaman yang bisa didapatkan baik secara langsung maupun tidak langsung khususnya dalam hal pengelolaan pendidikan di sekolah SMAN 69 JAKARTA.

Sekolah ini memiliki budaya yang sangat bagus dan disiplin, dimana setiap siswa yang akan masuk ke lingkungan sekolah harus 3s yaitu salam,senym dan sapa, kepada guru yang berada di depan gerbang. Kedisiplinan disekolah ini juga sangat tinggi, sekolah ini masuk pada pukul 06.30 WIB. Apabila siswa terlambat maka pintu akan terkunci dan siswa yang terlambat akan di beri sanksi berupa membersihkan lingkungan sekolah.

Adapun dengan kegiatan ini ialah guna untuk meningkatkan sosialisasi dan juga pengenalan ruang lingkup sekolah yang di dalamnya memuat tentang karakteristik murid, guru, maupun sekolah itu sendiri dengan melalui beberapa bentuk kegiatan yaitu, pengamatan langsung terhadap kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola, kegiatan-kegiatan rutinnya, mencari informasi mengenai kedisiplinan, serta mengamati praktik-praktik pembiasaan positif.

Sekolah yang di jadikan tujuan untuk plp 1 ialah sekolah SMAN 69 JAKARTA yang berlokasi di pulau pramuka, Rt 003 Rw 005, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Mengapa memilih sekolah SMAN 69 JAKARTA di karenakan sekolah SMAN ini sekolah satu-satunya yang ada di pulau seribu. Dan sekolah ini memiliki banyak kegiatan positif yang dapat membentuk pola pikir siswa menjadi kreatif dan inspiratif.

Tidak hanya itu, peserta didik di sekolah ini memiliki prestasi dalam bidang kulikuler pramuka, PMR.

SMAN 69 JAKARTA saat ini setelah lulus PTM (pembelajaran tatap muka) sebagian 50% siswa belajar di sekolah dengan mematuhi protol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker. Untuk pembelajaran tatap muka sudah di laksanakan pada tanggal 30 juni 2021 dengan ketentuan 50% siswa perkelas. Pada saat melakukan pembelajaran secara jarak jauh secara online dengan menggunakan media seperti google clasroom, via grup whatsapp, mengadakan google meet dan zoom untuk mengulas materi.

Selama pembelajaran jarak jauh di masa pndemi covid-19 terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi seperti terkendala dalam hal kuota internet dan ada beberapa dari peserta didik yang belum mempunyai handphone untuk mengakses google classroom, terkadang ekonomi orang tuanya tidak mencukupi untuk membeli kuota internet.

Ketika bapak dan ibu guru melakukan zoom siswa & siswi di wajibkan untuk mengaktifkan kamera, kenapa demikian supaya bapak dan ibu guru mengetahui siswanya. Terkadang pada saat zoom handphonenya di kamar tapi siswanya tidak mendengarkan gurunya pada saat lagi menjelaskan materi. Terkadang juga masih ada siswa/siswi yang berulang-ulang kali harus di ingatkan untuk mengaktifkan kamera pada saat zoom.

Maka dengan adanya kegiatan plp 1 ini menjadikan mahasiswa yang ikut terjun langsung dapat melihat sendiri keadaan sekolah SMAN 69 JAKARTA dengan karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah. Pihak sekolah juga memberi informasi mengenai pembiasaan positif yang telah di lakukan dan juga memberi motivasi-motivasi yang di berikan oleh bapak/ibu guru maupun kepala sekolah.


=