Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Uhamka Laksanakan PLP 1 di Tengah Pandemi Covid-19

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-06T17:02:08Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 Tahun Akademik 2021/2022 di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 2 Tambun Selatan, yang berlokasi di Jalan Aries Perumahan SKU Kel. Mekarsari, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17510.

 

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) ini merupakan bagian penting dari kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum semua program studi yang ada di lingkungan FKIP UHAMKA, dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan pendidik pemula yang profesional di dunia pendidikan.

 

Selain untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di semester 5, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui pengamatan langsung mengenai kultur sekolah (karakteristik umum peserta didik); struktur organisasi dan tata kelola di sekolah; peraturan dan tata tertib sekolah; kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misalnya: upacara bendera, rapat, briefing); kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; serta praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

 

Meilani Yeni Rahmawati, selaku ketua kelompok pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 bersama anggota kelompoknya yakni Ratih Setianingrum, Nurki Ayu Nindita, Tri Yuniasih, Kirayna Puspa Putri, Choirun Nisa Melani Putri, dan Mariza Salsabila yang dibimbing oleh ibu Maesaroh, M.Pd telah melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SMAN 2 Tambun Selatan, yang mana kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari, yakni dimulai pada tanggal 27 September 2021 - 1 Oktober 2021. Adapun kegiatan yang kami lakukan, antara lain: Membantu kegiatan ANBK kelas 11 di SMAN 2 Tambun Selatan, membantu kegiatan piket di SMAN 2 Tambun Selatan, membantu tugas kesiswaan SMAN 2 Tambun Selatan, mewawancarai Kepala Sekolah, mewawancarai Guru Pamong, dan mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilakukan di SMAN 2 Tambun Selatan.

 

Kepala Sekolah SMAN 2 Tambun Selatan yang bernama Bapak Drs. Anung Edy Purwanto, M.Pd merupakan kepala sekolah baru di SMAN 2 Tambun Selatan, maka dari itu, saat kami mewawancarai kepala sekolah, kami juga dibantu oleh Wakil Kesiswaan dan stafnya yang bernama Ibu Hj. Aping Dyah Fiestyaningrum, S.Pd dan Ibu Melly Santi, S.Pd, MM.  Bapak Drs. Anung Edy Purwanto, M.Pd menuturkan,”Karakteristik peserta didik di SMAN 2 Tambun Selatan sudah baik, seperti terdapat penerapan budaya 5S yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun.” ujarnya ketika di wawancara mengenai karakteristik umum peserta didik di SMAN 2 Tambun Selatan.

 

Wakasek Kurikulum dan sekaligus menjadi Guru Pamong kami pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 di SMAN 2 Tambun Selatan yang bernama Ibu Hj. Nining Nurhayati, S.Pd mengatakan, “Karena kondisi Pandemi COVID-19 sudah berangsur menurun maka kegiatan pembelajaran disini pun bertahap mulai dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sampai kepada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang dimulai sejak bulan September ini. Mengenai teknis pelaksanaan kegiatan pembelajarannya, kami membagi siswa menjadi 2 kelas sesuai jadwalnya, yaitu dari hari senin-rabu untuk kelas yang ganjil dan selasa-kamis untuk kelas yang genap dimulai sejak pukul 07.30-12.20 WIB dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.” ujarnya ketika di wawancara mengenai teknis pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada saat Pandemi COVID-19 di SMAN 2 Tambun Selatan.

 

Kami sangat bersyukur karena berkat adanya program ini kami mendapatkan banyak sekali manfaat, pengalaman, dan pengetahuan dari semua pihak terutama pada hasil wawancara bersama Kepala Sekolah dan Guru Pamong SMAN 2 Tambun Selatan yang dapat berguna untuk kami ke depannya. Semoga di Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahun depan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam segi aturan dan pelaksanaannya dan semoga apa yang kami sampaikan ini juga dapat bermanfaat, khususnya dalam pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
=