Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Selenggarakan PLP 1 di TK ABA Sukabakti Lampung Selatan

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10/10/2021 11:04:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-11T07:33:12Z


Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA mengadakan program PLP 1dimana PLP1 adalah tahapan pertama dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan, yang berupa penugasan kepada mahasiswa untuk melakukan pengamatan atau observasi yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Dan bertujuan untuk menumbuhkan landasan jati diri dari seorang pendidik melalui kegiatan kegiatan di sekolah.


Rangkaian kegiatan PLP 1 yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa diantaranya yaitu: melakukan kegiatan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru pamong, serta melakukan observasi lingkungan sekolah yang dituju.


TK ABA Sukabakti merupakan salah satu sekolah yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan PLP 1, oleh mahasiswa program studi PG PAUD yang bertempat tinggal di lampung, TK ABA Sukabakti ini berlokasi di Desa Sukabakti. RT 1 / RW 3. Kec. Palas, Kab. Lampung Selatan.


Kepala Sekolah TK ABA Sukabakti yaitu ibu Epti Rahayu,S.Pd mengatakan bahwa dimasa pandemi ini pembelajaran di TK ABA Sukabakti dilakukan melalui tatap muka terbatas dan tetap megikuti peraturan yang dianjurkan oleh pemerintah.


“TK ABA Sukabakti ini mengadakan  kegiatan pembelajaran melalui tatap muka terbatas, anak-anak datang ke sekolah, mengucap  salam tanpa berjabat tangan, selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan ketika pembelajaran selesai anak-anak langsung dipersilahkan pulang tanpa ada istirahat”.


Ibu Winarti, S.Pd. selaku Guru TK ABA Sukabakti pun mengatakan “ Dengan pembelajaran tatap muka terbatas waktu belajar anak itu dibatasi dengan materi pembelajaranpun dikurangi yang biasa sampai 6 kegiatan dalam tatap muka terbatas ini dikurangi menjadi 2-3 kegiatan saja. ujarnya.


TK ABA Sukabaktipun kental dengan pembelajaran keagamaan seperti pembiasaan doa, menghafal surat surat pendek, menghafal hadist serta praktik- praktik pembiasaan positif seperti wudhu dan sholat. Dikarenakan TK ABA adalah sebuah singkatan untuk menyebut Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal. Definisi TK ABA sendiri adalah sebuah lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang fokus memberi pendidikan modern namun tetap berlandaskan nilai-nilai luhur keagamaan.

=