Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP UHAMKA dari Prodi BK, Sejarah, dan Fisika Melakukan Kegiatan PLP 1 di SMAN 1 Kota Cilegon

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T16:48:22Z




Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, pada semester 5 ini dilakukan kegiatan pengenalan lingkungan persekolahan atau sama dengan istilah permagangan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah seperti karakteristik sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan serimonial-formal disekolah serta membangun jati diri calon pendidik untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan mengenai pemanfaatan sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. 

Dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan dilakukan oleh 7 mahasiswa UHAMKA yang berasal dari berbagai program studi diantaranya 5 mahasiswa bimbingan dan konseling, 1 mahasiswa pendidikan sejarah, dan 1 mahasiswa pendidikan fisika yang dibimbing oleh ibu Cici Yulia,M.Pd

Pada kegiatan pengenalan lapangan persekolahan dilaksanakan di SMAN 1 Cilegon yang berada di Jl. Kyai H. Tubagus  Ismail Blok F No.103, Ciwaduk, Cilegon Banten. SMAN 1 cilegon ini dikenal dengan istilah SMANCIL yang merupakan sekolah unggulan dikalangan masyarakat cilegon. Dalam melaksanakan PLP 1 ini kami banyak mengenal mengenai lingkungan persekolahan diantaranya struktur organisasi, kegiatan pembelajaran, peraturan dan tata tertib di SMAN 1 cilegon, kegiatan semiformal dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara luring dan daring. 

Menurut Penuturan Muhamad Hamim selaku wakil kepala sekolah urusan humas "Visi misi kita yaitu Tegar Berdigar adalah Terwujudnya Generasi Berakhlak mulia, Berkomptensi, Berwawasan Lingkungan dan ketiga-tiganya ini adalah karakter utama dari sekolah ini. Paling utama ialah berakhlak mulia dimana ini karakter utama yang ditanamamkan di sekolah ini setiap siswa haru memiliki keimanan kepada tuhan yang masa esa. Berkopetensi, dimana karakter ini dapat di wujudkan dengan prestas-prestasi adanya pembinaan terutama setiap tahun diadakan lomba sains. Berwawasan lingkungan, sekolah ini menciptakan lingkungan yang asri, hal lain yang ditanaman kan juga berupa partisipasi siswa terhadap lingkungan sekolah seperti membuang sampah pada tempatnya" jelasnya 

Pada masa pandemi saat ini sudah menerapkan sistem ruling dimana 50% siswa melakukan PTM (pembelajaran tatap muka). pada saat pandemic saat ini sekolah menerapkan system sift yang dimana dibagi menjadi 3 sift, sift pertama jam 07.30, sift kedua jam 07.45, dan sift ketiga 08.00. Dengan diterapkannya sift ini untuk menjaga prokes dan begitu juga pada saat waktu pulangpun bertahap.


=