Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Berkenalan dengan SMP Negeri 49 Jakarta dengan Prestasi Unggul dalam kegiatan PLP 1

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:33:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T16:33:21Z


Serambiupdate.com Di masa pandemi seperti ini, berbagai bidang yang ada di dunia mengalami krisis ekonomi. Namun, pendemi ini ikut memberikan dampak terhadap dunia Pendidikan.  Selama masa pandemi telah mengakibatkan ketidakstabilan dalam dunia Pendidikan dimana telah terjadinya penurunan kualitas sumber daya manusia dari tahun sebelumnya. Pemerintah juga telah mengupayakan sistem Pendidikan yang terbaik dalam menghadapi situasi pandemi saat ini, dengan memberlakukan system Pendidikan online, dimana para siswa bisa mengikuti pembelajaran dari rumah dengan memanfaatkan platform belajar atau konferensi secara online, seperti zoom meeting, google meeting, dan situs penunjang lainnya. 


SMP Negeri 49 Jakarta telah melakukan proses pembelajaran secara online  dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam proses pembelajaran. Serta proses pembelajaran yang dilakukan secara online menggunakan media seperti zoom, google classroom, dan whatsapp grup. Tidak hanya proses pembelajaran saja yang dilakukan secara daring tapi melainkan kegiatan ekstrakurikulerpun tetap dilaksanakan secara daring, namun hanya beberapa kegiatan ekstrakuliker yang dapat dijalankan secara daring seperti, seni tari, seni lukis, pencak silat, dan lain sebagainya. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tidak dapat dilakukan secara daring karena tidak memungkinkan, seperti kegiatan yang dilakukan secara berkelompok semacam futsal, basket, paskibra, dan lain sebagainya. 


Lewat proses wawancara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka semester 5 dalam kegiatan PLP 1 Di SMP Negeri 49 Jakarta dengan kelompok yang beranggotakan 6 orang mahasiswa yaitu Khoirunisa Ayu Nurjanah, Diah Ayu Kristianingsih, Muthiah Khairunisa Zulhakim, Arini Novianti, Nabilah Nur Ulpah, dan Finka Ayu Wulandari  yang dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Sepetember s/d 04 Oktober 2021 lalu, kami telah mewawancarai narasumber Kepala Kesiswaan yaitu Ibu Dra. Nopti Widayati, M.M.


Kepala Sekolah SMP Negeri 49 Jakarta, melalui Kepala Urusan Kesiswaan Ibu Nopti Widayati mengatakan bahwa sekolah ini memiliki segudang prestasi dan terus berkomitmen untuk mencetak generasi bangsa dengan mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Meskipun ditengah pandemi Covid-19 hal itu tidak mengurangi semangat siswa dalam mengikuti  berbagai lomba di tingkat nasional.


Terbukti SMP Negeri 49 Jakarta telah menjuarai kompetisi ditingkat DKI dalam “Kompetensi Olahraga Siswa Nasional” atau disebut juga dengan “KOSN” di bidang Karate pada akhir bulan September 2021. Kompetensi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) merupakan bagian aktivitas pengembangan di bidang olahraga bagi peserta didik. Tidak hanya itu saja SMP Negeri 49 juga telah meraih juara dalam perlombaan “Design Poster” tutur Ibu Nopti. 


Dari sini, kami dapat menilai bahwa proses pembelajaran yang dilakukan SMP Negeri 49 Jakarta selama pandemi covid-19 telah berjalan dengan baik dan saling membantu antar warga sekolah  jika ada kesulitan terutama dalam keterbatasan fasilitas. Menurut hasil pengamatan kami di SMP Negeri 49 Jakarta telah memberikan kebebasan bagi peserta didik dalam mengakases fasilitas yang sudah di sediakan oleh pihak sekolah. 


Dengan ini dapat dipastikan bahwa SMP Negeri 49 Jakarta merupakan sekolah unggul dan berprestasi walaupun dalam situasi pandemi saat ini. 

=