Notification

×

Iklan

Iklan

Berbicara Dua Bahasa? Apakah Bisa?

30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-30T02:28:31Z


Retno Pertiwi 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka.


Mahasiswa S1 Bahasa Inggris di Indonesia memiliki ragam suku dan bahasa di masing-masing daerah. Walaupun memiliki ragam bahasa daerah, Indonesia memiliki bahasa pemersatu, yaitu Bahasa Indonesia. Status dua bahasa tersebut yang mempersatukan ragam bahasa dan berkontribusi pada daerah yang di datanginya. Penggunaaan dua bahasa yang berbeda disebut dengan Bilingualisme atau Kedwibahasaan.


Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Kedwibahasaan atau Bilingualisme adalah kemampuan berbicara dua bahasa dengan baik.bilingualisme berarti penggunaan dua bahasa yang berbeda oleh seorang penutur dalam pergaulannya dengan orang lain secara bergantian (Fishman 1975:73). 


Cara mengukur baik atau tidaknya bilingualitas seseorang, yaitu dengan cara melihat reaksi seseorang terhadap dua bahasa. Bilingualitas adalah istilah untuk kemampuan seseorang yang menggunakan dua bahasa. Jika seseorang dengan bilingualitas yang kurang baik, maka seseorang itu akan cenderung menghindari percakapan dengan bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu yang dimiliki. 

=