Notification

×

Iklan

Iklan

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

13 Oktober 2021 | Rabu, Oktober 13, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-13T02:31:04Z


Karya Arisma Desiyanti

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes Uhamka

Kalimat merokok membunuhmu itu dapat kita jumpai di beberapa bungkus rokok. Poster-poster tentang bahaya merokok juga dapat kita temukan di warung-warung atau tempat umum. Bahkan kalimat itu tercantum dengan tulisan yang sangat besar dan dapat dibaca dengan jelas pada iklan-iklan di pinggir jalan. Namun jumlah perokok tidak berkurang, malah berjumlah banyak dari waktu ke waktu. Bahkan anak remaja banyak sekali yang merokok tanpa memikirkan betapa bahayanya merokok bagi kesehatan tubuh. Asap rokok dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh serta dapat menimbulkan masalah bagi siapa saja yang menghirupnya, jadi bahaya rokok tidak hanya membahayakan bagi perokok saja namun bagi orang yang ada di sekitarnya. Badan kesehatan dunia (WHO) memperkirakan setidaknya 8 juta kematian yang disebabkan oleh asap rokok dan 1,2 juta terjadi pada perokok pasif. 


Dampak asap rokok bagi orang dewasa sering menghirup asap rokok, dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru selain itu perokok pasif juga dapat mengalami risiko penyakit serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Dampak asap rokok bagi wanita hamil yang terpapar asap rokok berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi seperti keguguran, kelahiran prematur, atau bayi lahir dengan berat badan yang sangat rendah, hal ini disebabkan karena zat-zat berbahaya pada asap rokok seperti nikotin dan karbon monoksida dapat terbawa aliran darah dan diserap oleh janin. Semakin sering ibu hamil menghirup asap rokok maka semakin tinggi risiko komplikasi dan gangguan kesehatan yang terjadi. Sedangkan dampak asap rokok bagi anak-anak yang sering menghirup asap rokok akan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti asma, infeksi telinga tengah, infeksi saluran pernafasan seperti ISPA, pneumonia, dan bronkitis, meningitis, dan resiko kematian terhadap anak-anak. Yang menjadi perokok pasif juga lebih rentan mengalami gangguan kesehatan tumbuh kembang dan kesulitan belajar, hal ini dapat berpengaruh bagi kecerdasan anak.


Saat ini banyak juga tempat umum yang menyediakan ruangan khusus bagi perokok pasif yang akan merokok sehingga asap rokok tidak mengganggu bagi orang yang tidak merokok, namun hal ini tidak dapat melindungi anda dan orang sekitar agar tidak terpapar asap rokok. Bahaya merokok bagi kesehatan harus di sadari banyak orang, jangan karena satu orang merokok maka semua orang yang disekitar merasakan dampak bahaya asap rokok.


=