Notification

×

Iklan

Iklan

Menjaga Imunitas tubuh di Masa Pandemi

Kamis, 30 September 2021 | Kamis, September 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-30T11:37:08Z



Karya Alifia Savira

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Di masa pandemi ini selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga imunitas tubuh juga menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari serangan virus Covid-19. Hingga detik ini, masyarakat Indonesia masih harus berperang melawan virus Covid-19 yang setiap harinya memakan korban. Kesehatan menjadi suatu hal yang sangat mahal harganya dan semua orang berlomba-lomba untuk menjaga diri dari virus bahaya tersebut.

Semenjak adanya Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia, masyarakat global telah belajar betapa pentingnya imunitas tubuh. Masyarakat mulai merubah pola hidup mereka dan membiasakan diri untuk hidup sehat. Sebab masyarakat mulai tau bahwa imunitas tubuh lah yang akan menjaga mereka dari paparan virus Covid-19. Mereka berusaha untuk menjaga diri dan juga keluarga mereka dari Virus tersebut dengan menjaga dan meningkatkan imun dalam diri mereka.

Ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh. Yang pertama adalah, makan makanan dengan gizi yang cukup. Makanan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan selama masa pandemi ini. Makanan dengan gizi yang seimbang akan mencukupi kebutuhan tubuh dan menjaga kestabilan imun. Lalu yang kedua, Istirahat yang cukup. Setidaknya manusia butuh waktu 7 jam untuk tidur karena dengan tidur tubuh akan menghasilkan Sitokin untuk melawan infeksi atau peradangan dan secara efektif menciptakan respon imun di dalam tubuh. 

Yang ketiga berolahraga dan minum air putih. Menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Air putih sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Yang keempat mengindari stress. Stress menjadi salah satu pemicu imun menjadi turun, oleh sebab itu sangat penting untuk membuat jiwa yang happy dengan cara melakukan kegiatan positif dan berfikir positif. Jiwa yang positif tidak akan membuat hasil swab test anda menjadi positif malah bisa jadi kebalikannya. Jiwa anda positif hasil test swab anda negatif. Yang terakhir, selain konsumsi makanan bergizi cukup, seseorang ternyata masih perlu sumplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Di masa sekarang ini sangat penting mengkonsumsi vitamin C, B, D dan Zinc untum meningkatkan imun di dalam tubuh. 

Setelah melakukan usaha-usaha berikut yang harus dilakukan adalah berdoa agar tuhan senantiasa menjaga kita dan keluarga dari virus Covid-19. Jangan lupa untuk terus beribadah kepada-NYA. Yang terpenting juga masyarakat dihimbau untuk patuhi protokol kesehatan, hindari kerumunan, selalu mencuci tangan, dan menggunakan masker. Mari sama-sama kita melawan virus ini agar dunia kembali pulih. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu. 


×
Berita Terbaru Update