Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Universitas di Surabaya Rancang Becak Sepeda Untuk Bersihkan Sampah

Kamis, 23 September 2021 | Kamis, September 23, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-23T15:44:00Z

Serambiupdate.com Mahasiswa di Surabaya Jawa Timur berhasil merancang becak sepeda yang dapat digunakan untuk membersihkan atau menyapu sampah. Inovasi yang ia ciptakan ini terinspirasi oleh hobi gowes atau bersepeda yang ia sering lakukan serta pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di masa pandemi Covid-19.

 

Becak sepeda ini merupakan hasil rancangan Ahmad Triya Sanusi, seorang mahasiswa jurusan teknologi manufaktur Universitas 17 Agustus 1945 atau UNTAG Surabaya.

 

Bila dilihat sekilas bentuknya memang menyerupai becak sepeda pada umumnya, namun yang membedakan, becak sepeda itu bukan mengangkut orang, melainkan mengangkut sampah.

 

Becak sepeda memiliki kemampuan menyapu atau membersihkan sampah secara langsung. Dengan memasang sebanyak 15 buah sapu ijuk di bagian bawah becak sepeda, alat itu dapat menyapu sampah, seperti botol plastik, yang berserakan di jalur yang tengah dilewatinya.

 

Ahmad Triya Sanusi mengatakan membutuhkan waktu 6 bulan dan biaya 3 juta rupiah untuk dapat merancang alat itu.

 

Sebelum diproduksi masal, alat itu akan terus dikembangkan agar dapat menampung banyak sampah dan lebih efisien dalam pengoperasiannya.

×
Berita Terbaru Update