Notification

×

Iklan

Iklan

Tontonan Dapat Mempengaruhi Pendidikan

Jumat, 30 Juli 2021 | Jumat, Juli 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-03T00:33:05Z

Karya Muhammad Dafa Ashary

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Zaman sekarang ini tentu banyak sekali tontonan yang ditayangkan baik itu jaringan kabel televisi, platform streaming online dan yang lain sebagainya. Tak sedikit juga tonton tersebut dilarang dalam berbagai macam usia atau kategori kalangan penonton yang biasa kita lihat pada acara tersebut terdapat simbol SU (semua umur) artinya tidak ada batasan usia, R13+ (remaja 13 tahun keatas) yang tetap memerlukan pengawasan orang tua, lalu ada kategori D (dewasa) yang berarti hanya usia dewasa saja yang dapat menontonnya.


Maraknya berbagai acara televisi saat ini tentulah harus menjadi perhatian bagi orang tua, kenapa demikian? Karena kita tidak pernah tahu apakah tontonan tersebut layak ditonton atau telah mencukupi umur untuk menontonnya. Maka dari itu orang tua sangat berperan penting dalam masalah ini apalagi jika tontonan tereebut mempengaruhi pendidikan.


Seperti yang kita ketahui acara televisi pada saat ini cenderung membahas berbagai macam konten yang tentu kita tidak pernah tahu apakah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dan jika para orang tua sedang menonton sebuah acara yang padahal sang anak berada disampingnya, maka secara tidak langsung anak teseebut telah menonton sebuah acara yang tidak sesuai dengan umurnya.


Namun tidak semua tontonan juga buruk atau tidak sesuai, perlu diketahui juga tontonan sekarang ini dapat meningkatkan mutu pendidikan, mengapa demikian? misalnya saja kita menoton sebuah film asing baik itu yang berbahasa Inggris ataupun sekarang ini banyak sekali yang menonton drama Korea.


Lalu mengapa itu bisa meningkatkan mutu pendidikan? Karena kita secara tidak langsung telah memplajari berbagai kosa kata dari bahasa asing sehingga lambat laun kita akan menguasai bahasa asing tersebut yang walaupun hanya melalui sebuah tontonan film, dan perlu diingat kembali tontonan apapun iti harus menyesuaikan dengan kategori usia dan orang tua sangat berperan penting.


×
Berita Terbaru Update