Notification

×

Iklan

Iklan

MA Muhammadiyah Darul Arqam Depok mendapatkan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Google Earth Sebagai Media Virtual Geografi oleh Dosen Uhamka

Sabtu, 31 Juli 2021 | Sabtu, Juli 31, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-31T12:57:16Z


Serambiupdate.com
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka)  yang terdiri atas dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan kepada para guru dan siswa Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Kota Depok tentang Pemanfaatan Teknologi Digital Google Earth Sebagai Media Virtual Geografi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata secara khusus bagi guru, siswa dan  secara umum dunia pendidikan di Indonesia.


Dalam kegiatan ini, Alwin selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka mengatakan “pelatihan ini diadakan supaya guru-guru dan siswa Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Kota dapat bertambah kompetensi pedagogicnya dalam penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran sehingga pembelajaran yang dihasilkan dapat lebih kreatif dan inovatif dimasa pandemic Covid-19,” tuturnya.


Pelatihan yang dilaksanakan oleh Alwin, Dr Ali Sya’ban, dan Agung Adiputra sebagai Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka bertempat di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam di Jalan H. Maksum No. 65 RT 003 RW 003 Kelurahan Sawangan Baru Kecamatan Sawangan Kota Depok pada hari Selasa, 27 Juli 2021 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB atas kerjasama dengan LPPM Uhamka.


Dilain pihak, Rausan Fikry selaku kepala Madrasah Aliyah Darul Arqam mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami (guru dan siswa) untuk dapat memahami tentang pemanfaatan teknologi dalam pelajaran geografi khususnya pada media Google Earth,” tuturnya.


Ia menambahkan, “kegiatan ini terlasana dengan baik dan dapat kami pahami karena terlaksana secara offline. Walaupun kegiatan ini secara offline, kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan tidak menghadirkan banyak peserta,” tambah Rausan. 


Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam yang diikuti oleh 22 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari guru - guru Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam dan guru – guru Madrasah Aliyah Darul Arqam.


Dalam pelaksanaannya pelatihan dipandu oleh seorang moderator yang bernama Bapak Firqi Fauzi yang didampingi oleh Saudara Putri Gandaria dari mahasiswa pendidikan geografi Uhamka.


“Guru perlu mengetahui media dan cara pemanfaatan media virtual yang tepat dimasa pandemik Covid-19 ini agar supaya materi yang disampaikan bisa terserap oleh siswa dengan baik. Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar dengan tujuan merangsang pola pembelajaran efektif dan efisien dan kreatif. ,” ujar Alwin dalam pemaparannya.

×
Berita Terbaru Update