Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Uhamka selenggarakan Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis TPACK bagi Guru SD Muhammadiyah 4 Jakarta

Selasa, 20 Juli 2021 | Selasa, Juli 20, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-26T14:33:07Z

Serambiupdate.com Dosen program studi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Uhamka dan dosen program studi PGSD Uhamka berkolaborasi atas kerja sama LPPM Uhamka selenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara daring selama tiga hari dengan bentuk Workshop Evaluasi Pembelajaran berbasis TPACK (19/7).

 

Kegiatan yang diikuti oleh guru SD Muhammadiyah 4 Jakarta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran jarak jauh.

 

“Kegiatan ini mendukung anjuran pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19 yang dilakukan di sekolah agar meningkatkan kemahiran guru dalam membuat berbagai macam aplikasi berbentuk evaluasi pembelajaran.” Tutur  Nurrohmatul Amaliyah selaku ketua pelaksana.

 

Kegiatan ini memaparkan materi Peran Civitas Akademika dalam Pembelajaran Abad 21, Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Sekolah Dasar, dan Desain Pembelajaran Berbasis TPACK. Materi kegiatan disampaikan oleh pembicara internal dosen Uhamka, yaitu Supriansyah, Nurrohmatul Amaliyah, dan Puri Pramudiani.

 

 “Kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan pembelajaran daring bahwa kecakapan/keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam pembelajaran di abad 21 ini meliputi kecakapan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kecakapan berkomunikasi, kreativitas dan inovasi serta kolaborasi.” Tutur Supriansyah.

 

Kegiatan yang diikuti oleh 23 orang guru dari guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan guru bidang studi lainnya.   

 

Dilain pihak pihak Puri Pramudiani menuturkan “penting sekali keterampilan guru dalam membuat desain pembelajaran daring yang berbeda dari pembelajaran tatap muka. Untuk itu, diperlukan kemampuan mendesai pembelajaran dengan Desain Pembelajaran Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) seperti pengembangan media pembelajaran menggunakan video animaker dan juga evaluasi pembelajaran berbasis aplikasi seperti quizziz, wordwall, kahoot, dan lain-lain, yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran daring di SD Muhammadiyah 4 Jakarta.”

 

Kegiatan ini kali pertama terselenggara di SD Muhammadiyah 4 Jakarta. Defi Anggraeni selaku Kepala Sekolah menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh tim dosen Uhamka sangat membantu guru khususnya SD Muhammadiyah 4 Jakarta dalam proses pembelajaran daring yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini.

×
Berita Terbaru Update