Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Uhamka bersama PWM DKI Jakarta atas Kerjasama LPPM Selenggarakan Pelatihan Fotografi Dasar

Selasa, 27 Juli 2021 | Selasa, Juli 27, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-28T07:37:05Z


Serambiupdate.com
Dosen Uhamka Pendidikan Biologi FKIP dan Ilmu Komunikasi FISIP Uhamka bersama Majelis  Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jakarta atas kerjasama LPPM selenggarakan Pelatihan Fotografi Dasar bagi siswa/I SMA/SMK/MA/Sederajat dari berbagai daerah dengan zoom meeting.

 

Pelatihan bertujuan membangun kesadaran pelestarian biodiversitas melalui media edukasi tersebut.


 

Pelatihah yang diawali dengan sambutan Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA,  Maryanti Setyaningsih dan diawali dengan materi Pengantar mengenai Diversitas Hewan dan Tumbuhan yang disampaikan oleh Agus Pambudi Dharma dan  Ranti An Nisa  selaku dosen Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA.


 

Kemudian Materi berikutnya dibawakan oleh dosen Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA, Zulfahmi Yasir Yunan mengenai Dasar-Dasar Fotografi setelah itu Akbar Alfarisyi, pendiri dari Belitung Biodiversity Observer (BBO) Community yang membahas Fotografi Flora dan Fauna.

 

 

Pelatihan ini dilanjutkan di WhatsApp group yang dimaksudkan untuk menelaah hasil foto dari para peserta, sekaligus sebagai bentuk monitoring pelatihan.

 

 

Ranti An Nissa selaku Ketua penyelenggara menuturkan,  tujuan dari diadakannya pelatihan ini yaitu agar siswa dapat memiliki kesadaran mengenai biodiversitas yang selama ini hanya disampaikan dengan metode ceramah di sekolahnya.

 

“Metode ceramah membuat siswa kurang memahami pentingnya biodiversitas bagi kehidupan. Dengan metode fotografi, diharapkan siswa yang merupakan generasi penerus bangsa dapat memahami biodiversitas dan membuka kesadaran pelestarian untuk terus menjaga biodiversitas yang merupakan sumber kehidupan seluruh organisme.” Ujarnya.

 

Selanjutnya, Ranti, jika fotografi dengan objek hewan menyampaikan pesan mengenai perilaku dan tingkah laku mereka, berbeda dengan tumbuhan yang menampilkan diversitas struktural atau variasi bentuk dari organ-organnya seperti bunga.

 

Peserta pelatihan yang merupakan siswa dari berbagai daerah seperti Aceh, Banten, Jambi, Bogor, Bangka, Cibubur, Tegal, Batam, Jakarta, Malang, Lampung, Gresik Bekasi, Kudus, Madiun, Rembang, Kalimantan Barat, Bandung, dan Timor Leste terlihat sangat antusias dan aktif melakukan tanya jawab.

 

Pelatihan diakhiri dengan kesan yang disampaikan Naila Zulfas Sa’adah, peserta asal MA Al – Hikmah Kajen Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.

 

“Saya senang dapat mengikuti kegiatan ini, dikarenakan pengetahuan saya bertambah dan saya banyak belajar tentang pelestarian flora fauna, mendapat teman-teman baru yang menginspiratif, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya memelihara flora fauna baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi”. Jelasnya. (FHA)

×
Berita Terbaru Update