Notification

×

Iklan

Iklan

Biasakan Hidup Bersih dan Sehat, Tim Dosen Uhamka Berikan Edukasi Pembuatan Sabun Ramah Lingkungan

10 Juni 2024 | Senin, Juni 10, 2024 WIB | Last Updated 2024-06-10T15:10:39Z

Serambiupdate.com - Tim Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan pengabdian pada Masyarakat dengan tema Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Ramah Lingkungan dan Edukasi Perlilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Panyosogan, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Jumat (07/06).

 

Dalam kegiatan pengabdian ini, tim dosen pengabdian Masyarakat FFS Uhamka memberikan edukasi penerapan hidup bersih serta pembuatan sabun cuci tangan ramah lingkungan dibuat dengan surfaktan nabati yaitu MES (Methyl Ester Sulfonat) yaitu surfaktan yang terbuat dari bahan nabati seperti minyak-minyak tumbuhan yang lebih mudah terurai jika limbahnya dibuang ke lingkungan.

 

Kegiatan dihadiri oleh tim pengabdian Masyarakat FFS Uhamka yang terdiri dari Tahyatul Bariroh sebagai Ketua, Sofia Fatmawati dan Euis Purbasari sebagai Anggota serta 30 peserta dan setiap warga yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

 

Tahyatul Bariroh selaku ketua tim pengabdian menyampaikan apresiasinya terhadap antusias positif dari para warga dalam mengikuti kegiatan dan berharap dapat memberikan manfaat bagi para warga untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

“Alhamdulillah para warga Desa Panyosongan yang ikut serta dalam kegiatan ini, sangat antusias terutama saat pembuatan sabun yang ramah lingkungan dan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para warga untuk selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat kedepannya,” ucap Tahyatul.
=