Notification

×

Iklan

Iklan

Uhamka Siap Membangun Kerja sama Berkelanjutan bersama Universiti Tun Abdul Razak

27 Mei 2024 | Senin, Mei 27, 2024 WIB | Last Updated 2024-05-27T10:47:28Z


Serambiupdate.com - 
Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyambut baik kunjungan balik Universiti Tun Abdul Razak (Unirazak) dalam rangka penjajakan kerja sama dan kunjungan pendidikan di Ruang Sidang I FEB Uhamka, Senin (27/5).

Acara ini dihadiri oleh Anisia Kumala Warek I Uhamka, Desvian Bandarsyah Warek II Uhamka, Prof Nani Solihati Warek III Uhamka, Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka, Purnama Syae Purrohman Dekan FKIP Uhamka, beberapa ketua/kepala lembaga di lingkungan Uhamka. Selain itu perwakilan Unirazak hadir, Prof Datin Paduka Dr. Samsinar Binti Md Sidin selaku Vice Chancellor, Prof Benjamin Chan Yin Fah selaku Dean Tun Razak Graduate School, Muhammad Asyraf Samsuldin selaku Senior Director Marketing and Sales, dan perwakilan lainnya.

Adapun, kunjungan ini membahas tentang beberapa topik perencanaan yang dapat dirancang oleh kedua universitas, diantaranya:

1.            Program Pertukaran Pelajar (mobilitas jangka pendek) antara Uhamka dan Unirazak.

2.            Program pertukaran mahasiswa dan staf.

3.            Kolaborasi riset dalam bidang pendidikan, ekonomi, psikologi, dan akuntansi.

4.            Untuk menawarkan 1 program beasiswa unirazak ke Uhamka, Program S2 Hukum Masyarakat

5.            Program Double Degree dengan berkolaborasi bersama Uhamka

6.            Kolaborasi konferensi dan seminar

Anisia Kumala Warek I Uhamka menyambut baik beberapa rencana kerja sama yang ditawarkan oleh Unirazak, misalnya Student Exchange, menurutnya program ini sedang digencarkan oleh Uhamka maka kerja sama ini dapat memperluas peluang yang ada.

“Saya rasa kolaborasi ini strategis untuk kita lakukan bersama, apalagi ini dapat meningkatkan indikator kinerja kami. Selain itu, Uhamka memiliki 46 prodi, nanti bisa disesuaikan dengan rencana program-program yang akan diusung bersama sehingga dapat terealisasi dengan optimal,” paparnya.

Desvian Bandarsyah Warek II Uhamka menyampaikan, Uhamka memiliki 9 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana yang dapat menjadi sektor pengembangan kerja sama antara Uhamka dan Unirazak agar kerja sama dapat lebih maksimal.

“Dengan kesempatan itu, Insyaallah nanti kerja sama ini bisa lebih maksimal dengan melibatkan banyak aktor dan pihak berkenaan dengan aspek teknis pendidikan, pengajaran, riset, pengabdian masyarakat, serta inovasi yang nanti leading sectornya sebagian di Warek I dan Warek III,” pungkas Desvian.

Prof Nani Solihati Warek III Uhamka berharap selain keenam poin itu, Uhamka dan Universiti Tun Abdul Razak dapat melakukan kolaborasi dalam bidang pengabdian masyarakat (Community Service) agar dapat memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Terimakasih atas kunjungan Unirazak ke Uhamka, saya meyakini pertemuan ini akan melahirkan kolaborasi yang apik antara kedua universitas. Selain poin-poin yang telah disebutkan, semoga kita juga dapat berkolaborasi di bidang pengabdian masyarakat agar kerja sama ini lebih meluas dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Muhammad Dwifajri Warek IV Uhamka menjelaskan, Uhamka merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang aktif dalam menjalin kerja sama. Berbeda dengan perguruan tinggi swasta atau negeri, PTMA melaksanakan penguatan Catur Dharma PTMA yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, serta Al-Islam Kemuhammadiyahan.

“Memang Perguruan Tinggi Muhammadiyah sendiri memiliki penguatan yang sedikit berbeda dengan perguruan tinggi non Muhammadiyah, dimana terdapat Al-Islam Kemuhammadiyahan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan civitas akademika. Semoga forum ini dapat menjadi inspirasi antara kita semua,” tutur Fajri.

=