Notification

×

Iklan

Iklan

Tanamkan Cinta Demokrasi Pada Mahasiswa, Kelompok IV PMM Uhamka Kunjungi DPRD DKI Jakarta

29 Mei 2024 | Rabu, Mei 29, 2024 WIB | Last Updated 2024-05-29T06:55:24Z

Serambiupdate.com - Kelompok IV M.H. Thamrin Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch IV Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Modul Nusantara dengan tema Menjelajahi Demokrasi dan Kebhinekaan: Menapaki Jejak Keberagaman di Ibu Kota" di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Selasa (28/5).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Mukhlish Muhammad Maududi selaku dosen Modul Nusantara, Nu’aiman selaku pendamping dosen Modul Nusantara, Vito Aditya Maulana Pratikno dan Hikal Fachrizal selaku Liaison Officer (LO), dan Suhud Alynudin selaku anggota DPRD DKI Jakarta Komisi B, beserta 25 mahasiswa PMM Batch IV yang hadir.

 

Dalam sambutannya, Mukhlish memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan pengalaman berharga bagi para mahasiswa karena dapat melihat langsung bagaimana domokrasi di Indonesia ini berjalan.

 

"Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana proses demokrasi berjalan dan bagaimana keberagaman dikelola di ibu kota. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mereka," tutur Mukhlish.

 

Selain itu, Suhud Alynudin juga menuturkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang proses demokrasi dan keberagaman di ibu kota, serta menekankan pentingnya kelembagaan politik dalam kehidupan demokrasi.

 

"Lembaga DPRD merupakan implementasi dari kehidupan demokrasi. Adanya kelembagaan politik membuat perbedaan dapat diatur dan konflik dapat dilembagakan. Jika politik tidak dilembagakan, orang bisa ribut dan konflik. Perbedaan diatur dan konflik disalurkan melalui DPRD, bukan di jalanan," tegas Suhud.

 

Kunjungan ini juga dilengkapi dengan sesi ramah tamah, kuis berhadiah, dan penutup, serta tour ke ruang rapat komisi, badan, dan paripurna yang dipandu oleh perwakilan Setwan. Para mahasiswa juga berkesempatan untuk berfoto bersama di akhir kunjungan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam tentang pentingnya demokrasi dan keberagaman dalam pembangunan bangsa. Program ini juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam kehidupan politik dan sosial di daerah mereka masing-masing.

=