Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka Apresiasi Lulusan TLM FFS Uhamka

25 Mei 2024 | Sabtu, Mei 25, 2024 WIB | Last Updated 2024-05-25T08:09:35Z

Serambiupdate.com Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Pelantikan dan Pengucapan Lafal Sumpah Profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik Angkatan V, Aula Kampus C FFS Uhamka, Sabtu (25/5).


Momentum ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Hadi Sunaryo selaku Dekan FFS Uhamka, Fith Khaira Nursal selaku Wakil Dekan I FFS Uhamka, Kori Yati selaku Wakil Dekan II FFS Uhamka, Kriana Efendi selaku Wakil Dekan III Uhamka, Anang Rohwiyono selaku Wakil Dekan IV FFS Uhamka, Fatimah Nisma selaku Ketua Prodi D4 Analis Kesehatan FFS Uhamka, Nicolaus Sri Widodo Ketua Konsil Teknik Biomedika, Reswatiningsih Sarastuti perwakilan RSUD Pasar Rebo, Adry Akhyani selaku Perwakilan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Rina Ismiyati selaku Perwakilan Puskesmas Cipayung, Mas'ah selaku Perwakilan RS Pondok Kopi, dan 30 lulusan ATLM Angkatan V.


Dalam laporannya, Fatimah Nisma selaku Ketua Prodi D4 Analis Kesehatan FFS Uhamka menyampaikan terdapat 30 mahasiswa TLM yang telah lulus ujian  kompetensi dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Pada tahun ini tingkat kelulusan uji kompetensi sejumlah 87%, namun kedepannya hal ini akan terus ditingkatkan lagi. 


"Alhamdulillah Prodi D4 Analis Kesehatan FFS Uhamka sudah memiliki akreditasi unggul. Maka hal ini akan dibuktikan oleh lulusan yang akan mengabdi untuk masyarakat dengan sebaik-baiknya dan sukses menjalani karirnya di masa depan," ujar Fatimah. 


Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para lulusan TLM. Menurutnya, selama proses pembelajaran TLM ini tidak mudah. Ia mengingatkan bahwa, tanpa para orang tua tentu para mahasiswa tidak bisa meraih pendidikan profesi yang membanggakan ini.


"Selalu doakanlah kedua orang tua dan terus berbaktilah kepada mereka. Selanjutnya tidak lupa juga, dalam melakukan profesinya dipegang terus sumpahnya. Jaga nama baik Uhamka dimanapun kalian berada, satu diantaranya ketika menangani pasien sesuai juga dengan ajaran Al Islam Kemuhammadiayahan nya. Saya ucapkan selamat, saya yakin kalian sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, " tutur Prof Gunawan. 


Di lain pihak, Nicolaus Sri Widodo Ketua Konsil Teknik Biomedika mengatakan pihaknya sangat menyambut para lulusan TLM Uhamka untuk bergabung dengan lulusan Tenaga Kesehatan lainnya dibawah koordinasi Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia. Hal ini menunjukkan Uhamka akan semakin berkontribusi untuk bangsa dan negara. 


"Selamat kepada para ATLM yang telah dilantik dan melakukan pelafalan sumpah. Semoga Uhamka semakin mengibarkan benderanya di seluruh Indonesia dan kita semua siap menyongsong Indonesia yang  sehat dan sejahtera," ungkap Nicolaus. 


Selanjutnya, Adry Akhyani selaku Perwakilan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah selesai menempuh akademiknya dan akan memasuki dunia keprofesian. Ia juga mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Jakarta Timur selama ini telah menjalin kerja sama dengan Uhamka, terutama praktek kerja mahasiswa. 


"Selamat mengarungi dunia keprofesian, dunia kerja, dan dunia kesehatan yang nyata. Mudah-mudahan ilmu yang rekan-rekan miliki dapat diimplementasikan kepada masyarakat," jelas Adry.
=