Notification

×

Iklan

Iklan

Ekskul Pramuka Jadikan Diri Tak Egois, Pemkab Batang Wajibkan Siswa Ikut Berpartisipasi

27 April 2024 | Sabtu, April 27, 2024 WIB | Last Updated 2024-04-27T02:09:48Z

 



Serambiupdate.com
 -Kegitan ekstrakulikuler Pramuka memiliki manfaat besar bagi kehidupan masyarakat, maka dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah mewajibkan para siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut.

 

Lani Dwi Rejeki  selaku Penjabat Bupati Batang menuturkan bahwa pendidikan Pramuka bisa diberikan sejak kecil kepada anak-anak. Lani menyebut, dalam kegiatan Pramuka ada jiwa kebersamaan yang dapat terbawa hingga dewasa bahkan sampai tua.

 

"Kegiatan ekstrakulikuer Pramuka di sekolah harus tetap berjalan untuk diikuti para siswa, sebab siswa yang memiliki Jiwa Pramuka tidak akan menjadi orang yang egois," tutur Lani.

 

Lani menambahkan, kegiatan ekstrakurikuler Pramuka perlu ada di setiap sekolah pada semua tingkatan karena manfaatnya besar. Pada kegiatan pendidikan Pramuka, ada unsur kerja sama, saling menolong, saling membantu, dan bertukar informasi di berbagai bidang pengetahuan maupun kemasyarakatan.

 

"Selain itu, pendidikan Pramuka juga dapat menumbuhkembangkan mental dan disiplin pada anak atau siswa sekolah," tambah Lani.

 

Sementara itu, terkait pesta siaga Pramuka, Retno Dwi Irianto  selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Batang menyampaikan ada 40 regu yang ikut serta masing-masing dari kwartir ranting. Pesta siaga Pramuka 2024 memiliki lima kegiatan, yaitu membangun karakter, membangun cinta lingkungan, menjalin komunikasi, membangun iman, serta seni dan olahraga.

 

"Pendidikan Pramuka dapat membangun karakter anak-anak kita yang suatu saat akan menjadi generasi penerus, di samping mereka menjalankan pendidikan formal," ujar Retno.


adp

=