Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka Beri Edukasi Parenting dan Kesehatan Mental Remaja

Selasa, 09 Januari 2024 | 1/09/2024 09:27:00 AM WIB | Last Updated 2024-01-09T02:27:22Z


Serambiupdate.com
- Tim dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Edukasi Parenting Dan Kesehatan Mental Remaja di SMA Negeri 40 Jakarta.


Menurut Ketua Tim, Novi Andayani Praptiningsih, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengetahuan konsep parenting yang baik dan mumpuni dan memberikan pemahaman serta kesadaran tentang pentingnya parenting bagi kesehatan mental remaja. Metode yang digunakan adalah presentasi, FGD, role play (simulasi), diskusi, dan tanya jawab.


“Keterlibatan orangtua penting untuk membantu tumbuh kembang anak, karena orang tua adalah pendidik utama bagi anak. Faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan orangtua diantaranya adalah pengetahuan parenting. Pengetahuan parenting adalah kemampuan pola asuh mumpuni dan mendidik anak melalui interaksi serta kompetensi komunikasi yang baik antara anak dan orangtua. Saat ini, remaja sangat terbuka mengenai isu kesehatan mental. Mereka seringkali mengekspresikan dan mengomunikasikannya ke publik dengan membagi curhatan melalui media sosial. Hal inilah yang memunculkan gagasan tim Pengabdian Masyarakat Uhamka untuk bergerak melakukan edukasi parenting ini”, pungkas Novi.


Program Kemitraan Masyarakat ini berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun. Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik terbukti dengan keaktifan peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan konsisten tidak meninggalkan tempat sebelum waktu berakhir. Kegiatan ini juga diakhiri dengan penuh haru, ditandai dengan para siswa mencium tangan orangtua mereka dan kemudian berpelukan sebagai bukti bakti serta keeratan hubungan antara mereka. Dengan adanya hubungan harmonis antara orangtua dengan para siswa dalam nuansa saling menghargai, maka diharapkan tercipta iklim komunikasi kondusif di keluarga.

=